APLIKASI CREDENTIAL LOGIN DENGAN METODE STEGANOGRAFI “LSB” (LEAST SIGNIFICANT BIT) DAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI “VIGENERE”

Novia Busiarli, Yuli Kurniawati, Akrilvalerat Deainert Wierfi

Abstract


Pentingnya sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi akses pengguna adalah suatu upaya mencegah penyusup untuk melakukan penyerangan terhadap sistem aplikasi yang digunakan. Sebuah sistem aplikasi dikatakan layak pakai jika sudah mengandung aspek-aspek kemananan komunikasi komputer. Credential login merupakan salah satu cara mengidentifikasi pengguna dalam penggunaan sistem, banyak metode yang dapat di lakukan dalam hal pemfilteran terkait Credential login ini, diantaranya identifikasi dengan penggunaan sertifikat login, otentikasi menggunakan token-token dsb.

Dalam hal ini, penulis mencoba untuk membuat aplikasi Credential login sederhana dengan metode super enkripsi yaitu penggunaan Steganografi (LSB) dan Kriptografi Vigenere. Saat User mengentrikan Password (plaintext) maka sistem dengan otomatis mengenkripsi plaintext tersebut menjadi sebuah chipertext yang nantinya akan disisipkan pada sebuah gambar yang kita sebut Steganografi (image). Jika suatu saat User lupa dengan Password maka sistem akan mendeksripsikan image tsb dengan kunci yang telah ditentukan dengan metoda Kriptografi Vigenere.

Dari penelitian yang dilakukan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa, penggunaan Steganografi LSB tidak mempengaruhi kualitas sebuah gambar dan dapat menampung pesan yang tersimpan di dalamnya. Hanya saja terjadi perubahan size gambar / image saat enkripsi dari ukuran gambar sebelumnya. Pada penelitian ini juga memiliki kelemahan dalam penggunaan Steganografi sebagai Credential login dibandingkan dengan penggunaan sertifkat atau pun token – token

Full Text:

PDF

References


Basuki Rahmat, N. F. (2010). Steganografi Menggunakan Metode Least Significant Bit Dengan Kombinasi Algoritma Kriptografi Vigenère Dan Rc4. Jurnal Dinamika Informatika, 1-17.

Krisnawati. (2008). Metode least significant bit (lsb) dan end of file (eof) Untuk Menyisipkan Teks kedalam Citra Grayscale. Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008), 1-6

Sadikin. Rifki, Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan, Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta, 2012.

Kurniawan. Yusuf, Kriptografi Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi, Bandung: Informatika, 2004.

Ariyus. Dony, Kriptografi Keamanan Data dan Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.