APLIKASI PENGENALAN KEBUDAYAAN KHAS TORAJA ( UKIRAN ) BERBASIS ANDROID

Suryadi Hozeng, Asrul Syam

Abstract


 

Perkembangan teknologi sekarang ini sudah sangat pesat, dengan munculnya berbagai teknologi yang baru hususnya pada bidang komunikasi yaitu mobile phone  dan smartphone. Dengan harga mobile phone dan smartphone yang terjangkau, membuat jumlah pengguna mobile phone dan smartphone bertambah banyak. Salah satu OS pada smartphone yang sedang berkembang pesat adalah Android. Android menyediakan berbagai macam aplikasi  dari sosial media hingga aplikasi dalam ilmu pengetahuan yang dapat membantu pelajar dalam studinya.

Metode perancangan yang digunakan pada peneltian ini adalah UML ( Unifield Language ), metode pengujian dengan menggunakan metode black box. Hasil dari peneltian ini memberikan kemudahan kepada wisawatan domestic ataupun wisatawan mancanegara tentang informasi ukiran dari tana toraja dengan pemanfaatan teknologi mobile dalam hal ini aplikasi android. 


Full Text:

PDF

References


Muhammad Muzamil Latif, “ Aplikasi augmented reality sebagai Media pengenalan batik nusantara berbasis android’, Laporan Skripsi Jurusan Teknik Elektro , Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014

Binanto, Iwan, “ Konsep Dasar Program, Multimedia Digital – Dasar Teori dan pengembangannya “ , Yogyakarta : PT. Elez Media Komputindo, 2010.

Safaat H Nazruddin , “ Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android “, Bandung 2012

.[4] Elly M.Setiado, ET AL, “ Ilmu Sosial dan Budaya Dasar “, Jakarta : Kencana prenada Media Group, 2010

K. Kadang, “ Ukiran Rumah Toraja “, Jakarta :Penerbit Balai Pustaka , 1960.

Murya Yosef, “Pemrograman Android Black Box”, Jakarta : Jasakom, 2013

Sholiq, “Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML ”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006.

Suhendar A, & Gunadi Hariman, “ Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose “ , Jakarta : Informatika, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.