SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TEMPAT WISATA BERBASIS MOBILE DI KABUPATEN MAROS SULAWESI SELATAN

Annah Annah, Kurniaty Kurniaty, Wahyu Ramadhan

Abstract


Saat ini teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Hadirnya beberapa teknologi yang sangat canggih dan cerdas dapat  membantu penggunanya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebut saja Sistem Operasi Android, salah satu platform smartphone yang jumlah penggunanya dari tahun 2009 meningkat dengan pesat dan menguasai pasar saat ini.

Open-source merupakan hal utama yang membuat para pembuat atau pengembang untuk beralih dari platform yang lama dan berkarya di Android. Layanan Google Play yang memungkinkan para pengembang untuk menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Google. Hal ini mengilhami kami sebagai penulis untuk merancang aplikasi yang dapat membantu para pengguna ponsel pintar ini, untuk mengetahui Informasi Geografis Tempat Wisata di Kabupaten Maros.

Diharapkan dengan adanya Aplikasi berbasis Android ini para pengguna khususnya para pendatang dan wisatawan bisa mengetahui tempat wisata yang ada di kabupaten Maros, sehingga para wisatawan bisa tertarik untuk berkunjung dan juga sebagai inspirasi peningkatan prasarana umum di Kabupaten Maros.


Full Text:

PDF

References


Hamilton, Kim & Miles, Russell.. “UML 2.0”. O’reilly Media, Amerika Serikat. 2006

Hendarto, Anton., Maulana, Defri, & Christianto, Elfian. “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Geografi untuk Menentukan Jalur Evakuasi Terpendek dari Titik Berat Banjir Menuju Fasilitas Evakuasi di Jakarta”. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika. Universitas Bina Nusantara, Jakarta. 2010.

Richard, Kodrat Imam Satoto, & Kurniawan Teguh.. “Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android dengan Global Positioning System”. Skripsi, Jurusan Teknik Sistem Komputer, Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro, Semarang. 2013

Safaat, Nazruddin. “Pemrograman Aplikasi Mobile dan Tablet PC berbasis Android”. Informatika, Bandung.2012.

Setiaji, Pratomo. “Sistem Informasi Geografis Objek Wisata di Kabupaten Kudus”. Jurnal UMK. Volume 4, No.2, http://jurnal.umk.ac.id/index.php/Saintek/article/view/50/81. 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.