STUDI FAKTOR USABILITY PADA DESAIN LAYOUT WEBSITE BERITA MOBILE INDONESIA

Abdurrahman Sidik, Hafiz Aziz Ahmad, Andar Bagus Sriwarno

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memberikan  banyak pengaruh dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah cara untuk mendapatkan informasi dengan mengakses website berita mobile yang menyajikan informasi terkini. Namun, banyak pembaca yang belum merasa nyaman untuk membaca berita pada website berita mobile karena desain layout yang kurang memadai. Dengan demikian, fungsi usability dari website tersebut belum dapat terpenuhi dengan baik. Penelitian ini berusaha untuk memberikan rekomendasi desain layout, yang meliputi image, typography, color, advertisement, dan navigation & grid, yang bisa diterapkan website berita mobile agar tampilan website tersebut membuat pembaca nyaman dalam membaca berita.

Penelitian ini mengkombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif (mixed method), dengan pengambilan data kuanitatif dan kualitatif yang dilakukan dalam satu waktu.  Data kuantitatif pada penelitian ini adalah hasil kuesioner yang diberikan kepada sampel yang dipilih secara acak. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil analisis terhadap desain layout halaman utama dan halaman isi website berita mobile. Dari hasil analisis kuantitatif dan kualitatif yang telah didapatkan, kemudian dilakukan penggabungan data, untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai yang dapat diterapkan pada website berita mobile. Rekomendasi tersebut meliputi jumlah dan ukuran image yang bisa diterapkan, penggunaan ukuran dan jenis font yang sesuai, penggunaan warna pada tema, dan peletakkan iklan pada area halaman utama dan halaman isi.  

Full Text:

PDF

References


K. Simon. (2015, January 21). Digital, Social & Mobile Worldwide In 2015. [Online]. Available: http://wearesocial.com/

uk/special-reports/digital-social-mobile-worldwide-2015.

APJII. (2014). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. [Online]. Available: https://www.apjii.or.id/content/read/39/27/profil-pengguna-internet-indonesia-2014.

D. Saffer. Designing For Interaction: Creating Innovative Applications And Devices, California: New Riders, 2007.

J. Beaird. The Principles of Beautiful Web Design, Canada: Site Point, 2010.

J. Nielsen. Usability 101: Introduction to Usability, 2012.

J. W. Creswell. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Phone Scoop. (2016). Database of Mobile Phone Information. [Online]. Available: http://www.phonescoop.com/glossary/

term.php?gid=131.

J. Preece, Y. Rogers, H. Sharp. Interaction design: Beyond human-computer interaction, New York: John Wiley & Sons, Inc, 2002.

D. Saffer. Designing For Interaction: Creating Innovative Applications And Devices, California: New Riders, 2007, pp. 127-167.

S. Rustan. Layout: Dasar Dan Penerapannya, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.