PEMBUATAN APLIKASI GAME PENGENALAN LUAS DAN VOLUME BANGUN RUANG BERBASIS DEKSTOP DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER

Harles Bayu Anggara, Kemal Ade Sekarwati

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat saat ini. Perkembangan ini telah dimanfaatkan di berbagai bidang, diantaranya pada bidang pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan yaitu melalui permainan atau game edukasi. Game edukasi dapat menarik minat belajar anak-anak untuk belajar materi yang dirasakan sulit buat mereka. Game edukasi dapat dibuat berbasiskan mobile dan dekstop komputer. Pada umumnya siswa/siswi Sekolah Dasar sudah dapat menggunakan perangkat mobile maupun dekstop komputer..

Pada penelitian ini dipaparkan mengenai pembuatan game edukasi untuk siswi/siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Game edukasi yang dibuat berisikan pembelajaran tentang pengukuran luas dan volume bangun ruang. Pengenalan bangun ruang melalui game edukasi diharapkan menjadi lebih menarik. Selain belajar, anak-anak secara tidak langsung merasakan kesenangan belajar saat menggunakan media game untuk belajar. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dan membuat anak-anak menjadi lebih tertarik untuk belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Abdee Pamungkas, “Pengertian Bangun Ruang dan Contoh Soal”, http://www.diwarta.com/2012/04/11/pengertian-bangun-ruang-dan contohsoal.html, 2012. (Tanggal akses : 6 Juni 2016).

Dwi Priyo Utomo dan Ida Arijanny, “Matematika”, Mentari Pustaka, Jakarta, 2009.

Hamilton, Kim and Russell Miles. “Learning UML 2.0”, O'Reilly Media Incorporated, California, 2006.

Hendi Hendratman, “The Magic of Blender 3D Modelling”, Informatika, Bandung, 2014.

Jogiyanto H.M, “Analisis dan Disain Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogykarta, 2001.

Matura Dewi Purnama, Muhamad Irfani, dan Triana Elizabeth, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan 3D Unity”, http://eprints.mdp.ac.id/1774/, 18 April 2016.

Y. D. Sumanto, Heny Kusumawati dan Nur Aksin, “Gemar Matematika 6”, Intan Pariwara, Jakarta, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.