GAME KALA RAU MENGGUNAKAN CORONA SOFTWARE DEVELOPMENT KIT

Dian Pramana

Abstract


Keragaman budaya dan adat istiadat Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Cerita rakyat merupakan salah satu unsur budaya sebagai warisan leluhur. Salah satu cerita rakyat Bali yang populer adalah cerita tentang Kala Rau yang bercerita tentang terjadinya gerhana bulan. Menurut mitos penduduk lokal Bali, gerhana bulan terjadi karena Kala Rau sedang menelan Dewi Ratih yang merupakan dewi bulan. Masyarakat Bali percaya bahwa gerhana bulan merupakan pertanda buruk. Terlepas dari hakekat cerita tersebut, perkembangan jaman membuat cerita Kala Rau serta cerita-cerita rakyat lainnya semakin sulit untuk dinikmati oleh generasi muda. Moderenisasi, pengaruh budaya asing, serta berbagai konten informasi dari luar membuat keberadaan budaya lokal semakin lama semakin tergerus dan memudar dari satu generasi ke generasi berikutnya. Penelitian ini mengangkat topik tentang pengenalan cerita rakyat, khususnya cerita Kala Rau yang ditujukan kepada geneasi muda. Agar lebih menarik, cerita tersebut dikemas dan disajikan dengan cara berbeda, yaitu dalam bentuk game pada smartphone. Game ini dibangun menggunakan Game Engine Corona SDK (Software Development Kit) dan bahasa pemrograman Lua. Pengembangan game ini menggunakan metode Rational Unified Process (RUP) yang dimulai dengan fase inception, elaboration, construction, dan transition. Hasilnya berupa rancangan arsitektur, game Kala Rau itu sendiri, hasil pengujian dengan blackbox testing, serta laporan akhir.


Full Text:

PDF

References


I Made Taro, Cerita Rakyat dari Bali 3, Jakarta:Grasindo, 2003.

Baker, Oras F.; Subaramaniam, Kasthuri; Megeswaran, Gayathri; Akpanobong, Aloysius, “Game Development for Smart Phones Based on Local Heritage”, International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, Vol 1, No 3, 2011.

Rosa, A.S, dan M Shalahuddin, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung, 2011.

Agustinus Nilwan, Pemrograman Animasi dan Game Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.

Burton, B, Learning Mobile Application & Game Development with Corona SDK, Abilene, Texas, United States of America, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.