GAME INTERAKSI PENGENALAN HURUF DAN PERANGKAIAN KATA

Abdul Syukur, Apriyan Fitra

Abstract


Game edukasi adalah salah jenis permainan yang bertujuan sebagai alat pendidikan bagi anak,  untuk belajar mengenal warna, mengenal huruf dan angka, matematika, mengenal suatu objek, sampai belajar bahasa asing. Game edukasi merupakan salah satu media alternatif untuk pembelajaran kepada anak-anak karena game banyak disukai oleh anak-anak dan juga merupakan sebuah media pembelajaran yang efektif. Game interaksi adalah game yang bertujuan dalam melatih anak dalam motorik dan daya ingat.

Game ini merupakan game puzzle yang memiliki tingkat kesulitan berbeda pada setiap levelnya. Cara bermain game ini adalah dengan menyusun kepingan kepingan huruf yang tersedia pada setiap soal, kemudian disusun berdasarkan gambar yang tersedia pada setiap soalnya. Game ini memiliki 3 level, Pada setiap levelnya terdapat 10 soal dan 3 kali batas kesalahan dalam menyeselaikan soal serta diberikan batasan waktu untuk menyelesaikan setiap soalnya. Pada level 1 pemain diberikan waktu untuk menyelesaikan setiap soalnya selama 130 detik, 130 detik pada level 2 dan 60 detik pada level 3.  Jika batas waktu atau batas kesalahan habis ketika menyelesaikan soal maka game akan berakhir (game over). Dalam proses pembuatannya, game edukasi ini dibuat menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 dan ActionScript 3.0 sebagai bahasa pemograman.

Kata Kunci: Game,  Puzzle, Adobe Flash CS6, ActionScript 3.0.


Full Text:

PDF

References


Wiwik Akhirul Aeni, 2009, Pembelajaran Hukum Pertama Newton Melalui Game Edukasi Berbasis Konsep Petualangan dan Teknologi Mobile,Tesis, Universitas Dian Nuswantoro , Semarang.

Deny Sidarta Hendrawan, M.J. Dewiyani Sunarto, Teguh Sutanto, APLIKASI BELAJAR MENULIS UNTUK ANAK PRASEKOLAH BERBASIS ANDROID, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer, Surabaya.

PERANCANGAN GAME UNTUK ANAK- ANAK “PETUALANGAN PEPEN” DENGAN MACROMEDIA FLASH,STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta.

Robby Kurniawan Budhi, 2009, Pengenalan Huruf Hingga Pembentukan Kata Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Game Rpg- adventure Dengan Konsep Enjoyful Learning, Tesis, Pascasarjana Magister Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Ghea Putri Fatma Dewi, 2012, Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Septian Eka Dyta, 2013, Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Anak Untuk Mengenal Bentuk dan Warna BENDA, Skripsi, Program Studi Teknik, Informatika-S1 Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Najibah Bahtiar, 2013, Dampak Teknologi Permainan Modern Terhadap Kehidupan Anak dan Remaja di Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Makassar, Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar. Pepen Suherman, Amir Fatah Sofyan,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.