PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTER ANALYSIS UNTUK MENDETEKSI HAMA ATAU PENYAKIT PADA TANAMAN MELON

Brima Surya Prayoga, Nadhira Nanda Fatriani, Kusnawi Kusnawi

Abstract


Banyak para pembudidaya tanaman melon mengalami kerugian karena tanaman melon tersebut terserang oleh penyakit dan hama. Dalam hal ini dibutuhkan pakar ahli tanaman melon dalam mendeteksi penyakit atau hama melon, akan tetapi untuk dapat konsultasi terus menerus dengan seorang pakar membutuhkan waktu yang tidak singkat dan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu diperlukan sistem berbasis mobile yang dapat menginformasikan tentang hama, penyakit dan cara mengobatinya.

Penelitian terhadap tanaman tersebut bertujuan untuk membangun sebuah sistem pakar menggunakan metode K-Means Cluster untuk mendeteksi hama atau penyakit pada tanaman melon berdasarkan gejala-gejala yang ada. Metode K-Means Cluster melakukan penalaran dari sekumpul fakta yang ada dan menuju kesimpulan.

Untuk mendeteksi penyakit dan hama pada tanaman melon berdasarkan gejala-gejala yang terjadi, maka diperlukan seseorang ahli untuk menganalisis hama atau  penyakit yang menyerang dan memberikan solusi cara pengendaliannya. Sistem pakar ini dapat bermanfaat bagi para pembudidaya atau Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) sebagai pembelajaran tentang penyakit dan hama tanaman melon.

Full Text:

PDF

References


Nunik Purwaningsih, Yuli Suwarno, “Pemetaan Tingkat Motivasi Mahasiswa Dengan Pendekatan Klatering”, Yogyakarta : Jurnal Semnasteknomedia, 2016.

Josi Aranda, Wirda Astari Galvani Natasya, “Penerapan Metode K-Means Cluster Analisis Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Untuk Mahasiswa Internasional Class STMIK AMIKOM Yogyakarta” Yogyakarta : Jurnal Semnasteknomedia, 2016.

Gatot Fitriyanto, Nur Ahmad Azhar, Muhammad Kurniawan, “Mendeteksi Hama Tanaman Buah Mangga Dengan Metode Certainty Factor”, Yogyakarta : Jurnal Semnasteknomedia, 2016.

Durkin, John; “Expert Systems Design and Development”, Prentice Hall, 1994.

Tanjung Muhammad Rusdi, Erlinda Ningsih, “Perbandingan Penggunaan Data Real dan Data Hasil Normalisasi Pada Pengelompokkan Data Dengan Menggunakan Metode Clustering (Studi Kasus PT. PHP Motor)”, Prosiding KeTIK 2014 UIN. Universitas Islam Negeri Medan – Sumatera Utara.

Ediyanto, Muhlasah Novitasari Mara, Neva Satyahadewi, “Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis”. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster), Volume 02, no 2, 133-136. 2013.

Agusta, Y. K-Means-Penerapan, “Permasalahan dan Metode Terkait Jurnal Sistem dan Informatika”, Vol. 3, 47-60. Februari 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.