POLA KEMAMPUAN ANAK BERDASARKAN RAPOR MENGGUNAKAN TEXT MINING DAN KLASIFIKASI NEAREST NEIGHBOR

Putri Eka Prakasawati, Gunawan Abdillah, Asep Id Hadiana

Abstract


Kemampuan merupakan kecakapan atau potensi seseorang untuk menguasai keahlian dalam melakukan sebuah pekerjaan yang beragam ataupun suatu penilaian atas tindakan seseorang. Kemampuan ini sangat erat berkaitan dengan anak sebagai individu yang mempunyai konsep diri, penghargaan terhadap diri sendiri (self esteem) dan mengatur diri sendiri (self regulation). Tujuan untuk meningkatkan daya cipta anak-anak dan memacu anak untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan nilai budi bahasa, agama, sosial, emosional, fisik, motorik, kognitif, bahasa, seni dan kemandirian. Kemampuan anak dapat terlihat dari tingkah laku sehari-hari ataupun kebiasan yang dilakukan secara terus menerus, dalam proses ini menggunakan penilaian hasil evaluasi rapor selama 2 semester. Untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing anak didiknya maka dibutuhkan sebuah sistem klasifikasi dengan proses text mining yaitu concept frequency-inverse document frequency (CF-IDF) merupakan proses analisis teks untuk menentukan nilai kecocokan antara dokumen pengetahuan dan keyword sedangkan untuk menghasilkan akurasi yang tepat menggunakan metode klasifikasi nearest neighbor (KNN) yang dilakukan pendekatan jarak antara masing masing objek dengan menggunakan jarak euclidean. Data yang digunakan merupakan hasil penilaian rapor selama 2 semester dengan jumlah 25 rapot dan kelas sebanyak 4 yaitu: sangat baik, baik, kurang dan sangat kurang. Hasil akurasi yang didapat dalam penelitian ini sebesar 50% menggunakan k-NN dengan nilai k=3

Full Text:

PDF

References


T. H. Pudjiantoro, "Analisa Kompetensi Dosen Dalam Menentuan Matakuliah Yang Diampu Menggunakan Metode CF-IDF," Aristoteles, Vols. Vol.10, No. 1, pp. 1-8, Oktober 2012.

R. K. Hapsari and Y. J. Santoso, "Stemming Artikel Berbahasa Indonesia Dengan Pendekatan Confix-Stripping," Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXII, Vols. ISBN : 978-602-10604-1-8, pp. 1-8, 24 Januari 2015.

A. Nouvel, "Klasifikasi Kendaraan Roda Empat Berbasis K-NN," Jurnal Blanglala Informatika, Vols. Vol 3, No 2, pp. 66-69, September 2015.

T. A. Hermawan, Y. H. Chrisnanto and A. I. Hadiana, "Klasifikasi Helpdesk Universitas Jenderal Achmad Yani Menggunakan CF-IDF dan K-NN," Prosiding SNST ke-7, Vols. ISBN : 978-602-99334-5-1, pp. 108-113, 2016.

N. Krisandi, Helmi and B. Prihandono, "Algoritma k-Nearest Neighbor Dalam Klasifikasi Data Hasil Produksi Kelapa Sawit Pada PT. MINAMAS Kecamatan Parindu," Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapan (Bimaster), Vols. Vol 02, No. 1, pp. 33-38, 2013.

R. I. Ndamanu, Kursini and M. R. Aif, "Analisis Prediksi Tingkat Pengunduran Diri Mahasiswa Dengan Metode K-Nearest Neighbor," Jatisi, Vols. Vol 1, No. 1, pp. 1-13, September 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.