IMPLEMENTASI REMOTE TERMINAL UNIT (RTU) PADA DIGITAL WATER METER UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN SMART CITY DI INDONESIA

Komang Wahyu Trisna, I Gusti Lanang Agung Raditya Putra

Abstract


Konsep smart city merupakan konsep yang diharapkan mampu mempermudah segala kalangan dalam melakukan perkerjaannya. Konsep tersebut tentunya menggunakan teknologi – teknologi masa kini yang mampu mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu penerapan smart city yang dapat dilakukan adalah pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang sampai saat ini masih menggunakan system yang manual dalam melakukan pengecekan penggunaan air oleh  pelanggan.

Penelitian ini mencoba membantu penerapan smart city di Indonesia dengan menerapkan teknologi RTU untuk mengembangkan aplikasi pemantau digital water meter. Melalui aplikasi yang dikembangkan ini, pengguna maupun administrator PDAM tidak perlu datang untuk melakukan pemeriksaan terhadap digital water meter yang digunakan. Hal ini akan mempermudah kedua belah pihak yaitu pelanggan dapat mengetahui tagihan setiap bulannya tanpa harus datang ke kantor dan petugas tidak perlu datang ke rumah pelanggan untuk melakukan pengecekan. Dari beberapa sampel yang telah diujikan, ditunjukkan bahwa 85% dari pihak PDAM mengatakan bahwa penggunaan system dengan menggunakan teknologi RTU dapat meningkatkan efektifitas kerja serta keakuratan data. Sementara sekitar 80% dari pelanggan PDAM mengatakan bahwa penggunaan system digital water meter yang baru sangat bermanfaat dan memudahkan pelanggan untuk mengetahui penggunaan debt air secara real time dan biaya yang dikeluarkan melalui smartphone mereka.

Full Text:

PDF

References


T. Nam and T. A. Pardo, “Conceptualizing Smart City with Dimensions of Technology , People , and Institutions,” pp. 282–291, 2011.

P. Komeswarakul, P. Saengsatcha, A. Jomtarax, K. Suksomboon, and U. Lewlomphaisarl, “Remote Terminal Unit for Automatic Dam Monitoring System Using a Microcontroller,” pp. 2794–2797, 2011.

I. Conference, T. Systems, P. Penelitian, I. Lipi, S. Komplek, and L. Bandung, “Design and Implementation of Remote Terminal Unit On Mini Monitoring Weather Station Based on Microcontroller,” pp. 186–190, 2011.

G. Clarke and D. Reynders, Practical Modern SCADA Protocols. British Library Cataloguing in Publication Data, 2004.

F. E. Idachaba, “Review of Remote Terminal Unit ( RTU ) and Gateways for Digital Oilfield delpoyments,” vol. 3, no. 8, pp. 157–160, 2012.

G. Olsson and C. Rosen, Automation of Wastewater Treatment Facilities, 3rd ed. The Water Environment Federation.

S. Boyer, SCADA : Supervisory Control and Data Acquisition, Fourth. International Society of Automation, 2010.

P. Huitsing, R. Chandia, M. Papa, and S. Shenoi, “Attack taxonomies for the Modbus protocols,” vol. 1, no. C, pp. 37–44, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.