PERGERAKAN AGEN CERDAS PADA PEMODELAN GAME EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT SYSTEM KONSENTRASI PENEMUAN JALUR KE PASAR TRADISIONAL

Asti Riani Putri, Fajar Hendro Utomo

Abstract


Game edukasi adalah salah satu cara agar bisa belajar sambil bermain selain itu mempermudah anak sekolah tingkat sekolah dasar dalam mempelajari mata pelajaran matematika  dan inilah yang melatar belakangi penelitian ini dibuat sebelum membuat game disini di ujikan perilaku agen yang harus menyelesaikan suatu permainan dari setiap level dengan memperhitungkan setiap step dalam game edukasi tersebut. Dari percobaan terdahulu bahwasannya suatu agen cerdas akan dapat bergerak dan berperilaku human like behavior perlu diterapkannya kecerdasan buatan, Pada penelitian ini akan diterapkan algoritma Ant System yang di aplikasikan pada sebuah Game Edukasi yang diperuntukkan untuk anak-anak tingkat sekolah dasar dalam pencarian jalur di pasar tradisional.disini dikondisikan bahwa agen diberi tugas untuk berbelanja dipasar sambil berhitung jika agen sudah bisa menyelesaikan tugasnya maka harus cari jalur terpendek untuk kembali ke rumahnya.

Sasaran utama dari pembuatan game edukasi ini yaitu untuk meningkatkan prestasi siswa di bidang mata pelajaran matematika sehingga seorang anak akan lebih mudah dan merasa nyaman dalam belajar, Pada penelitian ini akan diterapkan algoritma Ant System yang di aplikasikan pada sebuah Game Edukasi yang diperuntukkan untuk anak-anak tingkat sekolah dasar dalam pencarian jalur di pasar tradisional,di dalam penelitian ini dikondisikan bahwa agen di beri tantangan berupa penemuan jalur terpendek dari rmhnya sampai ke pasar traditional yang jaraknya diperkirakan ada 1 km jika agen sampai di pasar maka dia akan belajar menghitung tentang tantangan yang sudah  disediakan.Dengan menggunakan Algoritma Ant System lebih spesifiknya ACO(Ant Coloni optimzaition) untuk TSP diharapkan mampu menemukan jalur  terpendek dan tercepat agar bisa kembali ke tempat semula.Pada setiap titik yang sudah ditentukan diberikan jumlah populasi semut yang berbeda sehingga akan menemukan jalur terpendek selain itu cara tabu list juga efektif dalam hal ini.

Hasil dari uji coba yang telah dilakukan bahwa jumlah banyak  populasi semut mempengaruhi jalur yang dilewati.dengan menerapkan modifikasi Ant system yang diambil dari traveling salesman problem yangmenemukan jalur terpendek satu kota ke kota lain.dengan menyesuaikan data yang ada dilapangan yaitu jarak dan lokasi


Full Text:

PDF

References


E. Damayanti, "Pencarian Jalur Terpendek Pada Pemodelan Pergerakan Agen Cerdas Dengan Algoritma ANT CoLONY SYSTEM," 2013.

a. a. ismail, "algoritma Ant System dalam menemukan jalur pada TSP dengan kekangan kondisi jalan," JNTETI, vol. 1, 2012.

D. N. Sari, "Agoritma semut untuk optimasi penentuan jalur terpendek fasilitas umum(study kasus:kota samarinda)," scan , vol. IX, no. ISSN : 1978-0087, 2014.

m. B. Refianti rina, "Solusi Opyimal Traveling salesman problem dengan ACS," journal of informsti and komputer, 2005.

D. Margo, "Ant algoritma for discreate optimazation," artificial life, vol. 5, no. 2, 1999.

M. a. T. stutzle, "ant colony optimation," the MIT Press,cambridge,massachusetts London, 2004.

V. a. A. c. M.Dorigo, "positive feedback as a search strategy," technical report, Vols. 91-016, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.