PERANGKAT LUNAK APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT ANAK DAN PENANGANANNYA DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER

Sukenda Sukenda, Willy Prima Septian Nugraha

Abstract


Diagnosis dilakukan pada pasien dengan intensitas pertemuan yang sering, sehingga seorang dokter beracuan pada fakta sebelumnya dan fakta baru dapat menentukan gejala penyakit. Fakta gejala penyakit yang berhasil dikumpulkan bisa berguna sebagai simpulan jenis penyakit. Pola untuk menentukan jenis penyakit dari fakta gejala penyakit bisa ditiru oleh suatu sistem yang berbantuan komputer. Sistem pakar, suatu sistem yang bisa berupa perangkat lunak untuk menentukan jenis penyakit. Gejala penyakit dimasukan ke perangkat lunak aplikasi sistem pakar sehingga sistem pakar dapat menentukan jenis penyakit berdasarkan  gejala yang dimasukan oleh seorang pakar penyakit. Pengguna data melakukan konsultasi terhadap sistem pakar untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita oleh anaknya berdasarkan gejala penyakit yang dimasukan ke perangkat lunak sistem pakar. Validasi gejala menggunakan metode dempster-shafer agar diperoleh simpulan berupa informasi penyakit. Dari simpulan akan bisa diperoleh solusi untuk pengobatan dan anjuran yang tepat bagi pasien. Sedangkan metoda pembangunan perangkat lunak sistem pakar menggunakan aliran data dengan model waterfall. Sedangkan perancangan proses secara struktural dan dibangun dengan tools Visual Studio 2008, Microsoft SQL Server 2008 dan perangkat aplikasi tambahan Crystal Report 2008

Full Text:

PDF

References


Suyono, A. Heri. Balita, Penyakit dan Pengobatannya, http://doktersehat.com/2007/07/27/balita-penyakit-dan pengobatanya, tanggal akses : 23 maret 2011.

Kusrini. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi,Yogyakarta: Andi, 2006.

Sulistyohati, Aprilia. Hidayat, Taufik. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster-Shafer, http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/720/675, tanggal akses : 4 April 2011.

Kusrini, “Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan”, Andi Offset, Yogyakarta, 2008.

Turban, Efraim. Decision support and expert systems Management support systems (fourth edition). Prentice-Hall International, Inc. 1995.

Roger S. Pressman, Ph.D., ”Software Engineering a Practitioner’s Appraoch Seventh Edition”, McGraw-Hill International Edition, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.