APLIKASI PROBABILITAS BAYES DALAM SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS GANGGUAN KEJIWAAN BIPOLAR

Chairisni Lubis, Agus Budi Dharmawan, Yulia Dewi

Abstract


Sistem Pakar digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan basis pengetahuan dan mesin inferensi berdasarkan pengetahuan dari seorang pakar. Sistem Pakar ini digunakan untuk mendiagnosis gangguan kejiwaan bipolar berdasarkan basis pengetahuan dari penyakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan tingkat keakuratan yang tinggi dan untuk membantu Pakar (dokter kejiwaan). Pada penelitian digunakan 2 macam basis pengetahuan yaitu dengan menggunakan data pebelajaran bipolar saja dan dengan menggunakan data pembelajaran bipolar dan skizofrenia. Tingkat keakuratan yang dicapai dalam penelitian ini mencapai 44.83%


Full Text:

PDF

References


Lubis, Chairisni, Agus Budi Dharmawan, and Zyad Rusdi. "Aplikasi Dempster Shafer Dalam Akuisisi Pengetahuan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Kejiwaan." Karya Ilmiah Dosen Teknik Informatika 1, no. 1 (2016).

Parwita, Olivia Dwi. "Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kejiwaan Skizofrenia Menggunakan Metode Tsukamoto." Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) 2, no. 1 (2016).

Muhammad Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta, (2004).

Depkes RI Direktorat Jendral Pelayanan Medik. Pedoman Penggolongan Dan Diagnosis Gangguan Jiwa Di Indonesia III. Jakarta. Departemen Kesehatan. (1993). h.145-156

Tirto Jiwo, Mengenal Gangguan Bipolar. Pusat Pemulihan dan Pelatihan Bagi Penderita Gangguan Jiwa. Desa Kalinongko, Purworejo Jawa Tengah, www.tirtojiwo.org (2012)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.