SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES

Chan Uswatun Khasanah, Nuzul Dwi Profesiningrum, Ade Pujianto

Abstract


Sistem pakar merupakan cabang dari kecerdasan buatan yang menggunakan pengetahuan / pengetahuan khusus untuk memecahkan masalah pada manusia ahli tingkat / spesialis. Salah satu aplikasi dari sistem pakar di bidang kesehatan adalah untuk mendiagnosis penyakit pada manusia. Dalam makalah ini dilakukan perancangan dan pembuatan sistem pakar yang digunakan untuk membantu mendiagnosa penyakit yang dimulai dari gejala utama dari penyakit diabetes melitus untuk menentukan saran atau pengobatan solusi.

Ketidakpastian pengetahuan dalam sistem pakar diatasi dengan menggunakan metode probabilitas Bayesian. Proses penentuan diagnosis dalam sistem pakar ini dimulai dengan sesi konsultasi, dimana sistem akan menanyakan pertanyaan yang relevan dengan manusia gejala utama dari diabetes melitus penyakit.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit diabetes melitus menunjukkan kemungkinan diagnosis penyakit, yang menunjukkan tingkat kepercayaan sistem terhadap penyakit dan pengobatan saran atau solusi untuk manusia

Full Text:

PDF

References


A. Pujianto, IT. Dessetiadi, M.G. Ardhi. 2016. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mental Pada Anak Menggunakan Algoritma Bayes. SemnasTeknomedia 2016.

Aziz, Abdul. 2014. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ikan berbasis Web. Skripsi, Prodi Teknik Informatika : STMIK Amikom Yogyakarta.

Gama, A. Adhitama. 2015. Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Herniated Nucleus Pulposus (HNP) Berbasis Web menggunakan Teorema Bayes. Skripsi. Prodi Teknik Informatika : STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Kusrini. 2016. Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Natalius, Samuel. 2010. Metode Naive Bayes Classifer dan Penggunaannya Pada Klasifikasi Dokumen. Skripsi, Prodi Sistem dan Teknologi Informasi : Institut Teknologi Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.