PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA HUMAN SMOKING CAPACITY (HASCA) BERBASIS MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Nanda Dian Prasetyo, Adi Suwarta Putra, Tri Wijiharto

Abstract


Aktifitas konsumsi rokok saat ini memang cukup tinggi dikalangan masyarakat. Bahkan rokok sekarang sudah menjadi bahan konsumsi umum, dampak negatif yang timbul saat ini bahkan mencakup anak dibawah umur yang ikut mengkonsumsinya. Diluar itu dampak negatif yang sangat perlu diperhatikan adalah kesehatan bagi pengkonsumsinya, banyak korban yang mengkonsumsi rokok meninggal dunia dikarenakan tidak terkontrolnya aktifitas rokok yang dikonsumsi setiap harinya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kapasitas penentuan seseorang dalam merekok setiap hari dengan aspek penentuan berdasarkan beberapa indikator tingkat kesehatan tubuh menggunakan aplikasi sistem informasi. Penerapan penggunakan sistem informasi aplikasi ini nantinya dapat membantu penggunanya dalam mengetahui berapa banyak batang rokok yang boleh dikonsumsi dalam sehari dengan tujuan utama menjaga kestabilan kesehatan badan pengkonsumsi rokok itu sendiri. Upaya pembangunan sistem informasi ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC), menggunakan metode Forward Chaining sebagai teknik pencarian yang dimulai dari fakta yang nyata untuk mengetahui tujuan akhir. Selain itu basis mobile aplikasi statis yang bisa dipergunakan tanpa harus tersambung ke layanan internet. Bentuk implementasi pengembangan perancangan sistem ini dengan menggunakan bentuk mobile aplikasi system dan menggunakan bentuk basis data dengan pemodelan ERD, dan DFD serta software pendukung pengembangan sistem seperti Photoshop, Sistem Operasi Android, dan PHP sebagai jembatan komunikasinya, sehingga memungkinkan user untuk mengakses sistem yang tersedia secara mobile dimanapun berada.

Full Text:

PDF

References


Hengky W. Pramana, “Kunci Sukses Aplikasi Penjualan Berbasis Access 2003”. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2006.

Arhami, Muhammad, “Konsep Dasar Sistem Pakar”. Yogyakarta, Andi Publisher, Edisi I, 2005.

S. Kosasi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Komer Menggunakan Forward Chaining”. JURNAL TECHSI, vol.5, no.2, 2014.

Rothwell PM, dkk, “Effect of daily aspirin on longterm risk of death due to cancer: analysis of individual patient data from randomised trials”. The Lancet, Vol.377, No.9759, p31-41, 2011.

Komalasari, D dan Helmi, A.F, “Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Merokok Pada Remaja”. Yogyakarta, Jurnal Psikologi UGM (2), Universitas Gajah Mada Press, 2000.

D. Doto, “Sistem Pakar untuk Mendiaknosa Penyakit Kulit dan Pengobatannya Menggunakan Certainly Factor”. Sekolah Tinggi Manajemen Dan Komputer, Yogyakarta, 2010.

A.N. Fadhilah, D. D. S. Fatimah, and D.J. Damiri, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Anak Dengan Metode Expert System Development Life Cycle”. J. Algoritm, vol.9, no.01, 2012.

Pressman, Roger S, “Software Engineering: a practitioner’s approach”. Edition – 7, New York : McGraw-Hill Companies Inc, 2010.

S, Rosa A dan M. Shalahuddin, ” Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung, JURNAL INFORMATIKA, 2013.

Galih H, Siti A Alodia Y, 2016. “Diagnosa Penyakit Katarak Senilis Dengan Menggunakan Metode Case Based Reasoning (CBD) Bersedia Web”. Semnasteknomedia 2016, pp.3.4.55, Februari 6-7, 2016.

Arif, “Sistem Pakar Penyakit Akibat Merokok Disertai Video Straming”, Surakarta, Jurnal Skripsi, 2016.

Hikmat, M. “Awas Narkoba, para remaja waspadalah”. Bandung, Grafitri, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.