SISTEM UNTUK MENDETEKSI KESAMAAN CITRA BERDASARKAN WARNA PADA CITRA BATU MULIA

M Ridwan Dwi Septian, Ericks Rachmat Swedia, Ravi Ahmad Salim

Abstract


Sistem temu kembali konten citra Content-Based Image Retrieval (CBIR) merupakan bagian penting dalam teknologi temu kembali informasi citra. Dan diaplikasikan dalam beberapa bidang seperti industri (Tao et al., 2008), forensik (Garni dan Hamiane, 2008), remote sensing (Hafiane, et al., 2006; Xie, 2004) dan kedokteran. Berkembangnya pemakaian citra digital dan besarnya ukuran jumlah data citra digital, ditindaklanjuti dengan banyaknya peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan efisiensi pencarian dan pengindeksan data citra. Proses pencocokan citra ini dilakukan dengan metode histogram dan metode sobel terdiri dari tahapan citra input pra proses di transformasi ke histogram berdasarkan nilai Red,Green, Blue (RGB), selanjutnya nilai histogram disimpan ke dalam database, proses pencocokan citra selanjutnya pada tahapan menentukan kesamaan citra, citra yang di input akan di cocokan dengan citra yang terdapat didalam database dengan tahapan citra input di transformasi ke metode sobel untuk mendapatkan deteksi tepi dari citra input, selanjutnya citra input tersebut di transformasi ke metode histogram, tahapan akhir adalah proses pencocokan antara citra input dan citra yang terdapat didalam database dengan mengukur nilai jarak Euclidean sehingga dapat melihat kesamaan pada sebuah citra tersebut. Uji coba aplikasi ini menggunakan 10 data citra batu mulia. Citra ini diambil berukuran 500 x 500 piksel. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah user dalam pencarian citra yang lebih spefikik.


References


Witarto, 2004. Memahami Sistem Informasi. Jakarta : Informatika.

Prasetyo, Eko. 2011. Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Shapiro, Linda G. & Stockman, George C. (2002). "Computer Vision". Prentice Hall.

Ericks Rachmat Swedia., dan Margi Cahyanti. 2015. Algoritma Transformasi Ruang Warna. Depok: Indie Publishing.

Michael S. Lew.2006.Content-based Multimedia Information Retrieval:State of the Art and Challenges.University of California at Irvine, USA,

James E. Gentle (2007). Matrix Algebra: Theory, Computations, and Applications in Statistics. Springer-Verlag. p. 299. ISBN 0-387-70872-3.

Irwin Sobel, 2014, History and Definition of the Sobel Operator.

Howitt, D. and Cramer, D. (2008) "Statistics in Psychology". Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.