METODE JARAK DENGAN MENGGUNAKAN MATLAB STUDI KASUS PENYAKIT THT

Fredy Susanto, Muhamad Saharudin, Ishyal Cahayani Annisa

Abstract


Seiring dengan pertambahan konsumen perokok pada kalangan pria dewasa dan merambah pada wanita, penyakit yang menyerang organ paru-paru sering banyak dialami. Penyakit yang menyerang paru-paru ini sangatlah fatal bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk menditeksi penyakit paru-paru ini, seiring dengan perkembangan teknologi pada bidang komputer dan matematika maka dibuat metode dan system untuk membantu untuk bisa dapat menditeksi penyakit tersebut. Teknik pendekteksi penyakit pada masa modern ini maju dengan sangat pesat, dengan dibantu dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, orang dapat  dengan mudah mendeteksi penyakitnya tanpa bantuan seorang dokter. Dengan menggunakan teknologi pengolahan citra digital, gambar yang dihasilkan melalui foto rongent dapat diditeksi dan dengan metode Jarak Euclidean Hasil dari pembanding citra akan mengeluarkan output referensi penyakit yang di derita. Metode Euclidean ini dengan cara yaitu membandingkan gambar-gambar yang dihasilkan melalui foto rongent pada komponen intensitas, mean, entropi dan homogeiniti.


References


Wicaksono Pitoyo http://www.heartcenter.co.id/index.php/list-artikel/80-cor-pulmonale/ (diakses 1 Januari 2017).

Irawan http://www.dwiardiirawan.com/Chapter%209.html , ( diakses 27 Januari 2015 ).

Satriya Wijaya, Ermadi. , Prayudi Yudi (2004) Konsep Hidden Message Menggunakan Teknik Steganografi Dynamic Cell Spreading. Jurnal Media Informatika. Universitas Islam Indonesia.

Kusuma, Rancang bangun diteksi suara paru-paru dengan metode jaringan syaraf tiruan Backpropagasi untuk menditeksi penyakit asma, PENS, Surabaya.

Yaniar Nimas Stya “Perbandingan ukuran jarak pada proses pengenalan wajah berbasis Principal component Analisys (PCA). Proceding Seminar Tugas Akhir ITS 2015.

Bunyamin Hendra, Andrian, (2009), Aplikasi Steganography pada File dengan Menggunakan Teknik Low Bit Encoding dan Least Significant Bit. Jurnal Informatika. Jurusan Teknik Informatika. Unversitas Kristen Maranatha.

Budiman, Diteksi Penyakit Paru-Paru Obstruktif Kronis Menggunakan metode fuzzy : Studi kasus di rumash sakit XYZ, Tesis ITS Surabay

Jain, Anil K. “ Fundamental of Digital Image Processing”, Prentice Hall. New Jersey. 1989.

Mengko, Tati Lafitah R].” Diktat Kuliah Pengolahan Citra Digital”. ITB.

S. Haidar, http://forum.kompas.com/kesehatan/271263-penyakit-paru-paru-penyebab-kematian-terbanyak-|-kebanyakan-orang-tidak-tahu.html ( diakses 10 Januari 2015 )

Watiningsih Tri, Pengolahan Foto sinar X-ray untuk menditeksi kelainan Paru “, Teodolita Vol.13 No.1 Juni 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.