SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE AHP DAN AHP TOPSIS UNTUK PENENTUAN STAF KURIKULUM SEKOLAH

Nanik Hidayati, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Sistem Pendukung Keputusan untuk penentuan staf kurikulum sekolah di SMP Negeri 3 Berbah. Penyelenggaraan pemilihan staf kurikulum menjadi program rutin dua tahunan. Proses pemilihan staf kurikulum ini merupakan permasalahan yang melibatkan banyak kriteria antara lain kompetensi pedagogic, kepribadian, social, professional, orientasi pelayanan, intregitas, komitmen, disiplin dan kerjasama. Sehingga dalam penyelesaiannya diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penelitian ini mengimplementasikan metode AHP  dan TOPSIS. AHP digunakan untuk menentukan bobot kriteria menurut pengambil keputusan, kemudian metode TOPSIS digunakan untuk menentukan peringkat calon staf kurikulum sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perancangan dan implementasi SPK dengan model AHP dan TOPSIS telah dapat dilakukan. Hal ini didasarkan pada pengujian yang telah dilakukan

Full Text:

PDF

References


Arbelia, Paryanta (2014). Penerapan Metode AHP dan TOPSIS sebagai Sistem Pendukung Keputusan. Seminar Nasional Teknol dalam Menentukan Kenaikan Jabatan bagi Karyawan. Jurnal Ilmiah Go Infotech, pp. 9 - 17.

Hamka & Wibowo, (2014). Sistem Pendukung Keputusan Dosen Berprestasi Berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Prosiding Seminar Hasil Penelitian LPPM UMP , pp. 40-48.

Norddin, Zanariah & Yusof, (2015). Selecting Best Employee of the Year Using Analytical Hierarchy Process, Journal of Basic and Applied Scientific Research, pp. 72-76.

Saefudin & Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada RSUD Serang, Jurnal Sistem Informasi vol- 1 N0.1, pp. 33- 40.

Kusrini, M. (2007), Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI), Yogyakarta.

Agus, Hartati & Kusumadewi, .(2006), Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), GRAHA ILMU, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.