PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN SCHEMA SNOWFLAKE UNTUK MENGETAHUI TREND PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK

Novia Busiarli, Mardhiya Hayati

Abstract


Ketatnya persaingan menyebabkan kebutuhan penggunaan teknologi informasi meningkat. Analisa data menjadi kebutuhan penting untuk meningkatkan daya saing. Kinerja organisasi akan meningkat dan memiliki daya saing jika data terintegrasi dengan baik. Pengambilan keputusan bergaya entrepreneur cenderung mengandalkan intuisi menjadi kurang relevan ditengah persaingan yang semakin kompleks, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan berdasarkan fakta aktual dan tidak hanya mengandalkan intuisi dan pengalaman kuantitatif saja.

Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan pesat dan memberi peran besar dalam perubahan mendasar khususnya dalam manajemen sebuah organisasi. Pihak manajemen memiliki kemampuan menganalisa dan membuat strategi potensial untuk bersaing dengan pangsa pasar lain. Analisa yang tepat, benar dan lengkap menghasilkan informasi yang sangat berharga bagi sebuah organisasi dalam menanggapi trend atau progress bisnis yang sedang terjadi. Kebutuhan manajemen menganalisa data operasional dan transaksional bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan.
Sehingga diperlukan media penyimpanan data ringkasan dari sumber data operasional maupun sumber data transaksional berupa database data warehouse. Selanjutnya data di dalam database data warehouse diolah dan diproses dengan teknologi Online Analytical Processing (OLAP). Online Analytical Procesing (OLAP) merupakan kunci business intelligence digunakan untuk menganalisa data sebagai dasar dari pengambilan keputusan atau decision support system pada sebuah organisasi. Hasil dari proses tersebut berupa laporan analisa statistik berupa grafik dan tabel serta laporan dashboard pada webportal sistem business intelligence organisasi.

Full Text:

PDF

References


Wilaksana, A, Pengembangan Data Warehouse untuk Pengelolaan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI, Yogyakarta, 2013.

Yuris, R, Perancangan dan Implementasi Data Warehouse Manajemen Resiko Kredit pada Bank BPD DIY, Yogyakarta, 2012.

Pusadan, M. Y, Rancang Bangun Data Warehouse, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2013.

Ponniah, P, Data Warehouse Fundamentals: a Comprehensive Guide for IT profesional. New York: John Wilay end Sons,2001..

Arifin; Kusrini; Emha Taufiq Luthfi. (2014). Penerapan dan Implementasi Data Warehouse Pemasaran pad CV. Diandra Primamitra Media Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2.04-79


Refbacks

  • There are currently no refbacks.