PENERAPAN SAW-TOPSIS DALAM ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENUNJANG KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM

Angger Binuko Paksi, Ema Utami, Henderi Henderi

Abstract


Investasi saham merupakan satu dari sekian banyak pilihan berinvestasi. Dalam berinvestasi saham dibutuhkan suatu analisis dan tindakan yang tepat agar seorang investor dapat berinvestasi sesuai kebutuhannya. Salah satu caranya dengan analisis fundamental. Analisis  fundamental merupakan metode analisis yang menitikberatkan pada data-data kunci yang ada dalam laporan keuangan suatu perusahaan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses analisis fundamental saham berdasarkan analisis rasio keuangan, metode SAW dan metode TOPSIS. Analisis rasio keuangan secara umum meliputi rasio likuiditas, rasio  solvabilitas, rasio  aktivitas, rasio profitabilitas dan rasio pasar. Bilangan fuzzy digunakan dalam metode SAW dan TOPSIS untuk memberikan efektivitas dalam menentukan nilai matriks keputusan. Metode SAW digunakan untuk mencari nilai matriks ternormalisasi untuk setiap kriteria dan metode TOPSIS digunakan untuk mencari solusi/alternatif berdasarkan nilai matriks ternormalisasi. Kemudian rancangan diterapkan dalam bentuk sistem pendukung keputusan berbasis aplikasi web. Pengujian dilakukan dengan 30 data laporan keuangan pada sektor properti dalam periode 2013-2015. Dari hasil pengujian akurasi menggunakan korelasi pemeringkatan Spearman berdasarkan model Springate dengan data uji pada periode 2013-2015 didapatkan hasil rata-rata 90%.

Full Text:

PDF

References


Media Komputindo, 2008.

Hery., Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan, Yogyakarta: CAPS, 2015.

S, Henry Wibowo, “MADM-Tool:Aplikasi Uji Sensitivitas untuk Model MADM Menggunakan Metode SAW dan TOPSIS”, in Proc. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010, ISSN: 1907-5022, 2010.

Setyawan, Yan Satria, et all., ”Implementasi Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) Sebagai Pendukung Keputusan Investasi Pada Perusahaan Berdasarkan Rasio Keuangan (Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di BEI Periode 2013)”, Jurnal PTIIK Universitas Brawijaya, vol. 5, no. 10, 2013.

Heri., Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan, Yogyakarta: CAPS, 2015.

Wahyudiono, Bambang., Mudah Membaca Laporan Keuangan, Jakarta: Raih Asa Sukses, 2014.

Irwansyah, Edy, dan Muhammad Faisal., Advanced Clustering: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Nofriansyah, Dicky., Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Vickers, Frank., The Dynamic Small Business Manager, United States: Lulu Press, 2006.

Siagian, Dergibson, dan Sugiarto., Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.