SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PRODUSEN TERBAIK DALAM PEMBUATAN KERUDUNG PADA CV. HAZNA INDONESIA MENGGUNAKAN AHP (Analytical Hierarchy Process) DAN WP (Weighted Product)

Hendrik Agus Prasetyo

Abstract


CV. Hazna Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri. Pada saat ini CV. Hazna Indonesia berperan sebagai distribusi dalam proses pembuatan sebuah kerudung, proses pembuatan ini ditanggapi oleh beberapa produsen, seperti beberapa konveksi pembuatan kerudung. Banyaknya para produsen yang masih kurang dalam pembuatan kerudung, selain itu juga CV. Hazna Indonesia masih kesulitan dalam menentukan produsen terbaik. Sistem Pendukung Keputusan menentukan produsen terbaik dalam pembuatan kerudung pada CV. Hazna Indonesia menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan WP (Weighted Product). Analytical Hierarchy Process untuk menentukan bobot disetiap kriteria yang terdiri dari 4 kriteria, 4 kriteria tersebut yaitu harga, kualitas, ketepatan kirim, ketepatan jumlah serta penggunaan metode Weighted Product digunkan untuk melakukan perangkingan untuk setiap alternatif-alternatif produsen. Hasil pengujian kualitas pada sistem ini mencapai nilai 97,5%

Full Text:

PDF

References


Triasetiawan, A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier pada PT. Bintang Mega Merdika Semarang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Tominanto. (2012). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Penentuan Prestasi Kinerja Dokter pada RSUD.Sukoharjo. Jurnal Infokes, Vol 2, No 1, APIKES Citra Medika Surakarta.

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume 16, No.2, 171-176.

Arsyad, M. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Banjarbaru Dengan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Bianglala Informatika, Vol 4 No 1 ISSN: 2338-8145

Darmanto, E., Latifah, N., & Susanti, N. (2014). PENERAPAN METODE AHP (ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS) UNTUK MENENTUKAN KUALITAS GULA TUMBU. Jurnal SIMETRIS,, Vol 5 No 1 ISSN: 2252-4983.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.