SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RUTE DAN KENDARAAN DALAM MENDISTRIBUSIKAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH

Emi Suryadi, Ema Utami, Armadyah Amborowati

Abstract


Badan Amil Zakat Nasional Kota Mataram memiliki tugas untuk mendistribusikan zakat infaq dan shadaqah di wilayah Kota Mataram, dalam menjalankan tugas pendistribusian membutuhkan sarana dan prasarana yang optimal. Rute dan kendaraan perlu diketahui tingkat optimalnya untuk dapat digunakan dari alternatif yang tersedia untuk menuju ke tujuan. Sistem pendukung keputusan memberikan solusi penentuan rute dan kendaraan dalam  mendistribusikan zakat, infaq dan shadaqah di wilayah Kota Mataram. Penentuan rute dan kendaraan yang digunakan tentunya dari hasil proses pembobotan nilai kriteria terhadap alternatif yang tersedia dari jalan lingkar selatan (BAZNAS Kota) menuju jalan sriwijaya terpilih jalan prabu rangka sari, sedangkan penggunaan kendaraan untuk mengangkut beban terpilih truk dengan nilai 0,20543009057805. Nilai optimal merupakan nilai rekomendasi yang diberikan dari sistem, dan dianggap merupakan nilai solusi dari semua nilai yang ada. Hasil  keputusan bisa berubah tergantung tingkat kepentingan pengguna dalam memberikan bobot nilai terhadap kriteria dan alternatif. Penilaian yang diberikan menggunakan bilangan fuzzy  yaitu memiliki nilai antara 0 dan 1. Hasil penilaian logika fuzzy dapat menilai keadaan lokasi secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Laporan Pengumpulan dan Analisa Database Lalu Lintas Tahun 2014, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, pemerintahan Kota Mataram.

Kadir,Abdul 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, ANDI, Yogyakarta.

Laporan Pengumpulan dan Analisa Kinerja Persimpangan Tahun 2016, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Pemerintahan Kota Mataram.

Kusumadewi, Sri; Hartati, Sri; Harjoko, Agus; Wardoyo Retantyo 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), GRAHA ILMU. Yogyakarta.

Naskah Publikasi Armadyah Amborowati 2007. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Berdasarkan Kinerja (Studi Kasus Pada STMIK AMIKOM Yogyakarta).

Naskah Publikasi Jurike Ireyne Toar 2015. Analisa Pemilihan Moda Angkutan Kota Manado – Kota Gorontalo Menggunakan Model Binomial-Logit-Selisih.

Abubakar, Iskandar, dkk. 1998. Sistem Transportasi Kota, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.

Tulisan Publikasi Chandra Maulana Dwi Kusumah 2014, Penentuan Jalur Shuttle Bus Perusahaan Otobus Efisiensi Yogyakarta Menggunakan Algoritma Semut .

Bultetin BAZNAS Kota Mataram 2015. Zakat Menuju Matara Sejahtera, Suara Qolbu, Mataram


Refbacks

  • There are currently no refbacks.