PROTOTYPE SISTEM ABSENSI DENGAN METODE FACE RECOGNITION BERBASIS ARDUINO PADA SMK NEGERI 5 KABUPATEN TANGERANG

Diah Aryani, Muhammad Nur Ihsan, Puspita Septiyani

Abstract


Sistem Absensi Face Recognition adalah sistem yang digunakan untuk mencatat kehadiran dengan menggunakan metode pendeteksian wajah seseorang.. Pada umumnya sistem absensi  pada dunia pendidikan menggunakan sistem yang masih manual atau menggunakan kertas sebagai catatan kehadiran para pendidik maupun peserta didik  sehingga memungkinkan terjadinya manipulasi data kehadiran. Seiring dengan seakin berkembangnya kemajuan teknologi yang sangat pesat, mendorong manusia melakukan suatu pengembangan terhadap teknologi yang sudah ada. Oleh karena itu agar terciptanya suatu pembaharuan teknologi dan inovasi, Sehingga dirancanglah suatu prototype tentang alat absensi menggunakan wajah dengan memanfaatkan sebuah kamera webcam dan program visual basic yang dikontrol oleh Aduino Uno, sebagai media absensi pada SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang yang diharapakan dapat menghilangkan kecurangan-kecurangan pencatatan kehadiran para pendidik dan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


S Darmawan, Deni. “Sistem Informasi Manajemen,” PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung, 2013.

Taufiq, Rohmat. “Sistem Informasi Manajemen,” Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012.

Wijayanti, Esa. ”Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai pada Kantor Kecamatan Batuceper Tangerang,” STMIK Raharja, Tangerang, 2014.

Syahwil, Muhammad. “Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroller Arduino,” Yogyakarta, C.V Andi Offset, 2013.

N. Putri, H. Aryadita and E.M. a. Jonemaro, “ Pengembangan Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Face Recognation dengan Menggunakan Algoritma Eigenface,” PTIIK UB, vol. 1, no. 9, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.