ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANING DALAM KERANGKA KERJA ZACHMAN FRAMEWORK PADA PT.ABC

Hari Supriyadi

Abstract


Enterprise Architecture merupakan suatu upaya memandang elemen-elemen yang ada di enterprise secara keseluruhan sebagai satu kesatuan. Selain itu, arsitektur enterprise mempunyai arti penting bagi organisasi sebab salah satu hasilnya adalah keselarasan antara TI dan kebutuhan bisnis. Begitu pula dengan PT. ABC yang merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pemasaran dan distribusi produk pangan beku, perusahaan ini menerapkan Enterprise Architecture dengan menggunakan pendekatan EAP yang mencakup dua baris teratas pada kolom data, fungsi, dan jaringan dalam Zachman Framework. Dengan diterapkannya EAP diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan di PT ABC berupa belum terintegrasinya sistem secara keseluruhan.

Hasil akhir dari penerapan EA ini dapat menghasilkan pedoman pengembangan EA berupa roadmap implementasi aplikasi di PT ABC yang terdiri dari arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi.


Full Text:

PDF

References


Spewak, S. “Enterprise Architecture Planning” (Developing Data Blueprint for Data,Application and Technology), 1992.

Schekkerman, J. “Enterprise Architecture Tool Selection Guide Version 4.2”.Institute For Enterprise Architecture Developments, 2007.

Prof. Richardus Eko Indrajit, “Perencanaan Strategis Arsitektur Teknologi Informasi” Preinexus, 2015.

Rangkuti, F. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Jogiyanto. “Teori Portofolio”. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.