PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI ORGANISASI PENDIDIKAN TINGGI STUDI KASUS UNIBI

Rosalin Samihardjo Rosalin Samihardjo

Abstract


Sistem informasi adalah merupakan sekumpulan komponen yang saling terhubung dan berinteraksi untuk mencapai satu tujuan yakni pemanfaatan informasi. Saat ini perkembangan sistem informasi sudah semakin baik dan menjadi salah satu pendukung keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya. Untuk menghasilkan suatu sistem informasi yang baik perlu perencanaan yang baik pula. Perencanaan sistem informasi yang baik bisa dilakukan dengan membangun arsitektur yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Hal ini yang menjadi dasar untuk pengembangan sistem informasi selanjutnya. Sama halnya dengan sistem informasi pada organisasi pendidikan, perlu kiranya perencanaan terlebih dahulu sehingga sistem informasi yang ada tidaklah menjadi kotak-kotak kecil sistem. Hasil yang telah dicapai dari perencanaan strategis sistem informasi untuk organisasi pendidikan studi kasus UNIBI adalah berupa blueprint dan portofolio aplikasi sistem informasi mendatang yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam membangun sistem informasi yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Fachtur. Adhian Rochim. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Perguruan Tinggi Studi Kasus di Universitas Diponogoro Semarang.

Michael E. Porter. Competitive Advantage.

Sulaksono. Juli. Abidarin Rosidi. Syamsul A Syahdan. Perencanaan Strategis Sistem Informasi di Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Ward. John. And Joe Peppard. Strategic Planning For Information Sistem 3th ed. England: John Wiley & Sons, 2002.

Wedhasmara. Ari. Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward And Peppard.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.