PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA (SIMDA) DESA NGEMPLAK SUKOHARJO

Yudho Yudhanto, Ovide Decroly Wisnu Ardhi, Agus Purbayu

Abstract


Desa merupakan entitas terkecil dari sebuah negara. Sebuah desa mempunyai keistimewaan mengelola pemerintahan dalam rangka mensejahterakan warganya secara mandiri, hal ini berbeda dengan entitas yang selevel dengan desa yakni kalurahan. Sebuah kalurahan merupakan bagian dari pemerintahan kabupaten dan kecamatan level diatasnya, sehingga dalam hal tata kelola pemerintahan sangat bergantung kepada aturan dari institusi diatasnya.

Salah satu permasalahan yang dihadapi Pemerintah Desa Ngemplak Kartasura adalah kelemahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Kelemahan disini dimaksud adalah kevalidan data dan kecepatan dalam pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan penduduk.

Aplikasi Sistem Informasi Desa (SIMDA) dirancang dan dibuat dengan disesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat dan aparat perangkat desa tersebut. Web base dipilih dikarenakan memudahkan dalam implementasi, sedangkan teknologi PHP dan MySQL dipilih karena berbasis Opensource.

Setidaknya ada beberapa layanan sebagai fungsi utama dalam pelayanan oleh perangkat desa. Yakni : Surat Pindah, SKCK, Kematian, Kelahiran, Pengurusan KK dan pengantar eKTP.


Full Text:

PDF

References


Website resmi Desa Ngemplak, http://ngemplak.desa.id/profil. Diakses pada tanggal 28 Juli 2016

Supriyanto, 2015, SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DATA KEPENDUDUKAN PADA KANTOR KELURAHAN DESA DEMANGA KABUOATEB BOYOLALI‟, skripsi SI, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, diunduh 26 Mei 2016, http://eprints.dinus.ac.id/15218/1/jurnal_15194.pdf.

Pamilih. B, 2012, PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN MARGOKATON SLEMAN DENGAN MENGGUNAKAN JAVA‟, naskah publikasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Yogyakarta, diunduh 2 Oktober 2016, http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_11.22.1326.pdf

Muthohar, A, 2010, SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DENGAN TEKNOLOGI WEB 2.0 (Studi Kasus Desa Bomerto Jl. Lingkar Utara KM. 02 Wonosobo), diakses 2 Oktober 2016, http://eprints.uad.ac.id/291/1/UADSistem_Informasi_Administrasi_Berbasis_WEB_Dengan_Teknologi_WEB_2.0-Skripsi-Informatika-Abstrak.pdf

Raharjo, B., 2015. Belajar Otodidak framework YII : Pemrograman Web dengan PHP dan Framework Yii. Bandung:INFORMATIKA.

Solichin, A., Januari 2010. MySQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir, diunduh 26 Oktober 2016, http://www.jakapramana.com/2014/04/download-ebooktutorial-belajar-mysql.html

Azis, F., 2005. Object Oriented Programming dengan PHP5. Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Grady Booch, 1998, Unified Modeling Language User Guide, Addison Wesley

Roger S. Pressman, 2009, Software Engineering : A Practitioner's Approach, Mcgraw-Hill Companies


Refbacks

  • There are currently no refbacks.