PERANCANGAN APLIKASI KRIPTOGRAFI BERBASIS WEB DENGAN ALGORITMA DOUBLE CAESAR CIPHER MENGGUNAKAN TABEL ASCII

Endah Handayani, Wheny Lebdo Pratitis, Achmad Nur, Syaifudi Ali Mashuri, Bagus Nugroho

Abstract


Pada zaman sekarang ini data/pesan tidak hanya dikirimkan melalui kurir atau secara tradisional saja akan tetapi sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu fenomena yang terjadi karena melibatkan tenologi Internet dalam pengiriman pesan dan pertukaran data adalah adanya isu penyadapan, pemalsuan bahkan pencurian pesan.  Atas dasar pemikiran ini, perlu dibuat media atau aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan proses enkripsi dan deskripsi pesan sehingga pesan yang dikirimkan dapat diterima oleh penerima dalam keadaan terjamin legitimasinya. Penelitian ini menggunakan algoritma kriptografi Double Caesar Cipher yang menekankan kombinasi dari 2 algoritma Caesar cipher yang chipertextnya diterjemahkan menggunakan tabel ASCII. Dari hasil pengujian terhadap aplikasi yang dibangun, penggabungan Double caesar Cipher dan tabel ASCII dalam melakukan proses enkripsi maupun deskripsi maka dapat terbukti menjamin kemananan maupun kerahasiaan pesan.


Full Text:

PDF

References


Ariyus, D. (2005). Computer Security. Yogyakarta: Andi Offset.

Ariyus, D. (2006). Kriptografi keamanan data dan komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

2016. www.asciitable.com. AsciiTable. [Online] Desember 2016.

Zulfidar, A. F. (2014). Implementasi Pengamanan Data Menggunakan Enkripsi Caesar Cipher Dengan Menggunakan Kombinsasi Tabel ASCII.

Damai Subimawanto, F. I. (2014, Oktober 14 - 15). Implementasi Algoritma Kriptografi Kode Caesar, Vigenere, Dan Transposisi Untuk Sistem Proteksi Penggunaan Pesan Singkat (Sms) Pada Smartphone Android. 8.

Hernawati, K. (2006). Implementasi Cipher Hill pada kode ASCII dengan Memanfaatkan Digit Desimal Bilangan Euler. Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA serta Peranannya dalam Peningkatan Keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan”. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.