PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TUTORIAL DENGAN SOFTWARE AUTOPLAY MEDIA STUDIO 7.0

Hasdar Hanafi, Enung Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan multimedia pembelajaran berbasis tutorial pada mata kuliah teknik perawatan dan perbaikan alat telekomunikasi terapan.

Penelitian ini termasuk penelitian rekayasa yang bersifat aplikasi teoritis untuk menghasilkan suatu media pembelajaran yang diaplikasikan pada mata kuliah Teknik Perawatan dan Perbaikan Alat Telekomunikasi Terapan. Media pembelajaran ini dibuat dengan beberapa tahapan, dimulai dari, tahap desain, tahap development,tahap implementasi sampai tahap evaluasi. Uji coba produk dalam penelitian ini melalui beberapa proses yaitu uji pakar ahli desain, pakar konten dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner penilaian dan test soal sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Perancangan multimedia pembelajaran ini dilakukan dengan merancang semua komponen konten yang dibutuhkan dalam multimedia pembelajaran.

Berdasarkan hasil uji pakar ahli desain dan pakar ahli konten, uji coba lapangan dapat diketahui bahwa multimedia pembelajaran ini sudah memenuhi persyaratan kelayakan untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Dari hasil uji terdapat perbedaan hasil persentasi antara pretest dan posttest  yang menyatakan peningkatan hasil belajar multimedia pembelajaran berbasis tutorial yang mudah digunakan sebagai media pembelajaran teknik perawatan dan perbaikan alat telekomunikasi terapan.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers

Semiawan, Conny R. 2007. Landasan Pembelajaran dalam Perkembangan Manusia. Jakarta : Centre of Human Competency Development.

Criticos, C. 1996. International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc

Cah Njeporo, 2012. Pengertian Hasil Belajar. http:// www.google. co.id/url? sa=t&q=aktivelearning adalah & source=web&cd =4&ved=0CdkQFjAD&url=http%3AF%2Fneila.staff.ugm.ac.id (diakses tanggal 16 Januari 2012)

Gerlach, Vernon S. & Donald P. Ely. 1980. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc

Indra Munawar, 2012. Pengertian dan Defenisi Hasil Belajar. http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html (diakses tgl 16 januari 2012,)

Schramm, W. 1964. Mass Media and National Development. Paris: UNESCO


Refbacks

  • There are currently no refbacks.