ANALISIS PERILAKU PENGGUNA PADA WEBSITE SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS XYZ DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Sufa’atin Sufa’atin, Riani Lubis, Ferry Boy

Abstract


Universitas xyz adalah salah satu univeristas yang menerapkan sistem informasi akademik untuk mempermudah proses perkuliahan. Sistem informasi akademik tersebut sudah diterapkan sejak tahun 2013, setelah berjalan selama 3 tahun penggunaan sistem infromasi akademik atau disingkat SIAK tersebut digunakan oleh mahasiswa dirasa belum maksimal. Divisi SIAK selaku pengurus sistem informasi akademik di Universitas xyz menyarankan diadakannya penelitian pada pengguna SIAK untuk mendapatkan respon dan saran dari pengguna SIAK yang berguna untuk pengembangan sistem infromasi akademik dikemudian hari. Technology Acceptance Model atau TAM adalah sebuah model yang digunakan untuk mengukur penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi. Model tersebut akan digunakan untuk mengukur penerimaan pengguna terhadap SIAK Universtias XYZ. Faktor – faktor yang digunakan dalam penelitian yaitu perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEOU), attitude toward using (ATU), behavioral intention (BI), dengan tambahan faktor eksternal yaitu gender (G), experience (E), complexity (C), dan voluntariness (V). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hubungan antar setiap faktor yang mempengaruhi penerimaan seorang user ketika menggunakan SIAK untuk keperluan perkuliahan secara online, faktor kegunaan sistem (PU) berpengaruh secara signifikan terhadap niat dari penggunaan sistem (BI), dan faktor kemudahan dari sistem (PEOU) berpengaruh secara signifikan terhadap faktor sikap pada saat menggunakan sistem (ATU). 


Full Text:

PDF

References


F.Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User acceptance of Information and Technology”, MIS Quarterly, pp.319-339, 1989.

Gardner, Christina; Amoroso, Donald L, “Development of An Instrument to Measure The Acceptance of Internet Technology by Consumers,” Proceeding of The 37th Hamawii International Conference on System Sciences, 2004.

Sugiono, “Metode Penelitian Kombinasi”. Bandung: Alfabeta 2013.

Nazir, M., “Metode Penelitian “, Bogor : Ghalia Indonesia 2011

Narimawati, U dan Sarwono, J, “ Structural Equation Model Untuk Riset Ekonomi Menggunakan LISREL”, Yogyakarta Gava Media 2006

Setyo, H. W., “Structural Equation Modelling dengan LISREL 8.8”, Jakarta Graha Ilmu 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.