ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN WARGA DAN IURAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ZACHMAN

Ucu Nugraha

Abstract


Rukun Tetangga (RT) merupakan tingkat pemerintahan yang paling bawah, pada cluster Garden Villas terdiri dari 2 RT. Pada saat ini pendataan warga dimasing-masing RT masih dilakukan secara konvensional atau manual, begitupun dengan pengelolaan data iuran warga. Kendala yang dihadapi oleh pengurus masing-masing RT adalah proses pendataan warga masih membutuhkan waktu yang cukup lama, dan sering terjadi redudansi data dampaknya sering dilakukan pemutakhiran data warga. Begitupun dalam proses pengelolaan iuran wajib bulanan, walaupun warga bisa membayar melalui tansfer ke rekening bank, tetapi warga diharuskan menyerahkan bukti transfernya ke bendahara.

Kerangka kerja Zachman merupakan salah satu metode untuk membantu dalam merancang pemodelan sistem informasi yang dapat membantu semua pihak untuk menentukan manajemen secara keseluruhan yang memiliki struktur dasar dari hasil pengorganisasian. Analisis dan perancangan sistem informasi pendataan warga dan iuran dengan kerangka kerja Zachman ini akan menghasilkan suatu cetak biru yang dilihat dari persepsi planner dan owner. Dengan kerangka Zacham ini akan didapat informasi secara lengkap mengenai bagaimana sistem ini dirancang, berbagai kebutuhan yang diperlukan seperti data, infrastruktur, sumber daya manusia yang mana semuanya dapat mendukung berlangsungnya sistem informasi yang dibangun.


Full Text:

PDF

References


A. Mentari, A. Leon Andretti, W. Qoriani, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru dan Pembayaran SPP Menggunakan Zachman Framework”, Seminar Nasional Informatika, 2015.

David C. Hay, “A Different Kind of Life Cycle : The Zachman

Framework”, Essential Strategies, Inc., 2000.

M. Daniel, “Enterprise Architecture A to Z”, Taylor & Francis Group, LLC. 2008.

S. Andika Agus, U. Ema, P. Abas Ali, “Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Sistem Pelaporan Kerusakan Komputer”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.