MODEL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN DI PT.XYZ

Tati Harihayati, Utami Dewi Widianti

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang jadi. Pegawai yang bekerja di PT. XYZ terdiri dari pegawai tetap, pegawai kontrak, pegawai harian dan pegawai magang. Bagian HRD adalah bagian yang bertanggung jawab dalam proses rekrutmen pegawai, penilaian kinerja pegawai, promosi, demosi, monitoring cuti dan pensiun.

Masalah yang dihadapi oleh bagian Personalia & GA (General Affair) saat ini adalah sering kali pelamar yang diterima tidak sesuai dengan kebutuhan Unit Kerja. Selain itu, penilaian kinerja pegawai yang menjadi faktor penentu pengangkatan pegawai kontrak menjadi pegawai tetap tidak dilakukan dengan baik sehingga General Manager mengalami kesulitan dalam menentukan pegawai mana yang layak untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Masalah lainnya adalah hasil penilaian kinerja pegawai yang masih diragukan hasilnya karena proses penilaian hanya dilakukan oleh atasan dengan cara perkiraan dan pengamatan oleh atasan dan tidak adanya kriteria yang menjadi landasan dalam pengambilan keputusan menyebabkan penilaian kinerja pegawai menjadi tidak objektif. Kesulitan juga pada pengambilan keputusan pada penentuan promosi jabatan, demosi, monitoring cuti dan pensiun. Berdasarkan hal itu maka dibutuhkan model sistem infrormasi manajemen kepegawaian yang sesuai dengan kebutuhan PT. XYZ.

Model sistem informasi manajemen kepegawaian PT. XYZ yang diusulkan menerapkan metode sistem pendukung keputusan (SPK) dan sistem monitoring yang dapat membantu bagian HRD dalam menentukan pelamar yang memenuhi kriteria yang diajukan Unit Kerja, pengangkatan pegawai, penilaian kinerja pegawai, monitoring cuti dan pensiun sesuai lingkup masalah yang ada.


Full Text:

PDF

References


M. Manullang, in Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia Jakarta, 1983, pp. 15-16.

J. Pardosi, M. Tambunan and Syahputri, Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Integrasi 360 Feedback dan AHP di PT. S., e-jurnal Teknik Industri FT USU.

H. Nawawi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

V. Rivai, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2003.

G. R. Terry, Principles of Management, 1953.

Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Sukarna, Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Mandar Maju, 2007.

.

J. Soeprihanto, Penilaian Kinerja dan Pengembangan Pegawai, Yogyakarta: BPFE, 1988.

M. Prof. Dr. Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

D. Parmenter, Key Performance Indicators, Hoboken: John Wiley & Sons, Inc., 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.