PEMODELAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA REPAIR MODEM DAN PENJUALAN MODUL VSAT PADA PT. PARADISE COMMUNICATIONS BERBASIS OBJECT ORIENTED MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE

Humisar Hasugian, Vivi Salma

Abstract


Agar dapat bersaing dengan para kompetitor maka perusahaan diharuskan untuk bisa melakukan perbaikan kinerja dan perbaikan pelayanan agar loyalitas customer bisa tetap dipertahankan, PT. Paradise Communication berkeinginan untuk meningkatkan pelayanan terhadap customer dengan mengembangkan sistem informasi baru yang terkomputerisasi khususnya pada bagian pelayanan jasa repair modem dan penjualan modul VSAT.

Tahapan pengembangan sistem yang dilakukan dalam penelitian antara lain tahapan analisis dengan menggunakan activity diagram, fishbone diagram, use case diagram, tahapan perancangan dengan menggambarkan ERD, class diagram, rancangan layar, rancangan masukan, rancangan keluaran, adapun tool yang digunakan untuk membuat database adalah DBMS MySql dan untuk tool membuat program menggunakan Visual Basic.Net 2008. Diharapkan dengan sistem yang baru ini permay salahan kesulitan pengurutan nomor RMA, kesulitan pembuatan invoice, pembuatan kwitansi, pembuatan berbagai laporan sampai dengan pencatatan stok bisa diperbaiki, sehingga diharapkan kinerja staff semakin membaik dan pelayanan terhadap customer semakin meningkat.


Full Text:

PDF

References


Qorinallaily, M. (Program S. M. I. (2012). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis dan Penjualan Suku Cadang Motor Pada Bengkel Sri Rejeki. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Janu Sulis Hartati, L. H. A. J. (Program S. S. I. (2009). Pemanfatan Layanan Short Text Message Service Untuk Otomasi Maintenance Reminder System. STIKOM Surabaya.

Irawan, D. (Program S. T. I. (2008). Analisis Peningkatan Mutu Jasa Servis Kendaraan Bermotor Roda Dua Dengan Metode Quality Function Deployment ( QFD ) Studi kasus di Bengkel New Karunia Motor Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi (III). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Sholiq. (2010). Analisa Dan Perancangan Berorientasi Obyek : Konsep Dasar Berorientasi Obyek. Bandung: Mutiara Indah.

Purba, H. H. (2008). Fishbone. Jakarta: Gramedia.

Widodo, Pudjo, P., & Herawati. (2011). Menggunakan UML (Unified modeling Language). Bandung: Penerbit Informatika.

Saladin, D. (2004). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Satkomindo. (2014). Pengertian VSAT. Retrieved March 19, 2016, from http://www.satkomindo.com/id/content.php?page=vsat