KONSEP DIGITALISASI KARTU AK/1 DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PENYALURAN INFORMASI LOWONGAN PEKERJAAN

Awaludin Abid, Irwan Oyong, Hasnan Afif, Izzatil Ishmah Fajrin, Arief Munandar

Abstract


Kartu AK/I yang merupakan syarat wajib untuk dimiliki oleh pencari kerja sebagai bukti diri, fungsinya berakhir pada saat proses pencarian kerja selesai, dan dikembalikan oleh perusahaan kepada Dinas Tenaga Kerja. Belum ada keberlanjutan fungsi yang berhubungan dengan pengelolaan track record tenaga kerja seperti curriculum vitae, pengalaman kerja, dan preferensi pekerjaan yang bisa dimanfaatkan sebagai media penyaluran informasi lowongan pekerjaan dan sumber data angka tenaga kerja.

Fungsi baru tersebut dapat ditambahkan dengan proses pengembangan digitalisasi kartu AK/I. Dengan adanya penghubung digital dan sinergi antara pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja, perusahaan negeri atau swasta, dan jasa penyedia informasi lowongan pekerjaan akademisi maupun swasta, maka akan dihasilkan sistem penyaluran informasi lowongan pekerjaan yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


CIA, “CIA World Factbook” , Juli 2016, cia.gov/library/publications/resources/the-world-factbook/rankorder/2119rank.html (diakses tanggal 04 November 2016)

Badan Pusat Statistik, “Indonesia - Survei Angkatan Kerja Nasional Semester 1, Agustus 2016”. Agustus 2016

Disnaker Ponorogo, Persyaratan AK/I, disnaker.ponorogo.go.id/persyaratan-ak1/ (diakses tanggal 04 November 2016)

Disnaker Sleman, Peresmian Pelayanan AK/I sesuai SMM ISO 9001:2008, Desember 2013, nakersos.slemankab.go.id/news/628/peresmian-pelayanan-ak-i (diakses tanggal 04 November 2016)

Badan Pusat Statistik, Metodologi Sakernas , bps.go.id/Subjek/view/id/6#subjekViewTab2 (diakses tanggal 04 November 2016)