PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DALAM PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL QURAN DI BALI

Erma ESulistyo Rini, Dian Pramana, Edwar Ridwan

Abstract


Taman Pendidikan Al-Quran atau lebih sering disebut dengan TPA/TPQ merupakan unit pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam berbasis komunitas masyarakat muslim yang menjadikan Al-Quran sebagai materi utamanya. Tujuannya adalah untuk memberikan pengajaran membaca Al-Quran, menanamkan nilai moral dan etika bagi para peserta sejak dini.  Di Provinsi  Bali sendiri,  walaupun mayoritas warganya bukan beragama Islam,  namun keberadaan TPA/TPQ sudah sangat umum dan tersebar di berbagai daerah di Bali.  Berdasarkan data  dari Departemen Agama Provinsi Bali bahwa jumlah TPA/TPQ yang tersebar di 8 (delapan) Kabupaten yaitu Denpasar, Badung, Tabanan, Gianyar, Klungkung, Negara,  Singaraja  dan Karang Asem  tercatat sebanyak  203 (dua ratus tiga) TPA/TPQ  artinya memiliki legalitas secara izin dan memenuhi  3 (tiga) standar minimal  yaitu  standar kurikulum,  standar pengelolaan dan standar  sarana  prasarana.  Penelitian dilakukan pada 10 TPA/TPQ di 5 (lima) kabupaten yaitu klungkung, gianyar, tabanan, badung dan denpasar. Pemanfaatan teknologi informasi di terapkan dalam proses pengelolaan TPA/TPQ sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan khususnya dalam hal membantu mempercepat proses pencarian informasi dan pelaporan serta  pengelolaan data perekaman hasil kegiatan di TPA/TPQ. Hasil penelitian ditahun pertama berupa model pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya peningkatan pelayanan dan pengelolaan Taman Pendidikan Al-Quran di Kabupaten di Provinsi Bali. 


Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta. 2011

Pendidikan, P.P.M.P.T., Al-Qur’an An-Nahdliyah Tulungagung, Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah. 2008.

Hevner, A. C., March, S., Park, J., dan Ram, S. Design Science in Information Systems Research, Management Information Systems Quarterly, 28(1), 77-105. 2004.

Bisri, A.M., Winarno, W.W., Adhipta, D. and Sumirah, S., Pemanfaatan Teknologi Web dan SMS Gateway Guna Meningkatkan Kualitas Layanan Perijinan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 1(1), pp.16-25. 2016

Ghozali, I. dan Fuad Structural Equation Modeling - Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.80, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro. 2008.

Rezvani, M., Gilaninia, S., Mousavian, S.J. Strategic Planning: A Tool for Managing Organizations in Competitive Environments, Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(9), 1537-1546. 2011.

Kridanto, S., Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Bandung: Informatika. 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.