SISTEM APLIKASI HRD BERBASIS WEB UNTUK PENILAIAN KINERJA STAF PADA PENGADILAN NEGERI TANGERANG

Aris Aris, Perawati Perawati, Nur Komalasari

Abstract


HRD  (Human Resource  Development) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai bidang sumber daya manusia, yaitu bagian atau divisi dalam suatu manajemen perusahaan yang bertugas untuk mengatur serta mengembangkan sumber daya atau kemampuan seluruh pekerja yang ada dalam suatu perusahaan. HRD bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen atau pencarian  tenaga kerja, mulai dari mencari  kandidat terbaik, melakukan sesi wawancara atau interview, sampai proses penyeleksian.Salah satu tugas dari seorang HRD adalah membuat rencana strategi pengembangan   dan   pelatihan   sebagai   salah  satu  kegiatan  dari Manajemen  Sumber Daya Manusia(MSDM). Strategi pengembangan  SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan perencanan mengenai cara bagaimana kualitas sumber daya manusia yang dimiliki pengembangan ke arah yang lebih baik, meningkat kemampuan kerja, skill dan memiliki loyalitas yang baik terhadap organisasi. Perlu adanya pengembangan dan pelatihan yang terus menerus untuk menghasilkan SDM yang berkualitas. Pada sususan organisasi di Pengadilan Negeri Tangerang ada beberapa bagian penting yang memiliki otoritas yang tinggi dan dominan di manajerial dalam mengambil langkah atau kebijakan bagi para pekerjanya. Salah satu bagian dari salah satu susunan organisasi tersebut ada pada divisi HRD yang berwenang memberikan pengembangan dan pelatihan kepada Staf. Pengembangan dan pelatihan merupakan hal yang berbeda, namun keduanya berhubungan dengan memberikan bantuan kepada karyawan supaya dapat berkembang dari pengetahuan, dan kemampuan yang lebih tinggi, dengan pengembangan dan pelatihan seorang lebih mudah melaksanakan tugasnya. Para pegawai akan berkembang lebih cepat, lebih baik, bekerja lebih efisien, dan lebih mudah mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan jika menerima pelatihan dibawah pengawasan pemimpin.Dengan mengembangkan system aplikasi dibangun dengan metode UML akan memebantu dalam penegmbangan system penilaian karyawan pada Pengadilan Negeri Tangerang


Full Text:

PDF

References


Kusrini, M.Kom.,”Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server”, Penerbit Andy, Yogyakarta, 2007.

Sutabri, Tata, S.Kom, MM. “Sistem Informasi Manajemen”, Penerbit Andy, Yogyakarta, 2007.

Al Fatta, Hanif, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007.

Al Fatta, Hanif. ”Analisa Desain & Perancangan Sistem Informasi”. Andi, Yogyakarta, 2007.

Hartono, Jogiyanto. ”Analisa Dan Desain Sistem Informasi Dan Pendekatan Terstruktur Teori Dan Aplikasi Bisnis”, Edisi II. Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005/2008.

Nugroho, Bunafit, “Panduan Lengkap Menguasai Perintah SQL. Cet. 1. Mediakita. Jakarta, 2008.

Zainal Arifin & Smitdev Community. Pengertian-Php-Dan-Istilahistilah-Php ,Andi,Yogyakarta.2009

Luziferin. “Unified Modeling Language”,Edisi 10,Bandung,Yudistira. 2007. Hal 34