PENGEMBANGAN SPK PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN PROFILE MATCHING, STUDI KASUS: PT X

Gunawan Gunawan, Fandi Halim, Afriandri Raimon Perdana Purba

Abstract


Keberhasilan perusahaan tidak terlepas dari peran karyawan sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjalankan kegiatan untuk kemajuan perusahaan. SDM harus dijaga dan dipilih secara tepat sehingga memberikan kinerja yang baik dan optimal. Dalam proses penerimaan karyawan sering terjadi polemik, karena ada kemungkinan penilaian subjektif terhadap seseorang sehingga proses seleksi tidak berjalan dengan baik dan hasil yang dicapai mungkin tidak sesuai target.

Untuk itu dibutuhkan sistem yang dapat menangani pemilihan calon karyawan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan jabatan. Pengembangan sistem mengacu kepada metodologi prototyping serta metode analisis data yang digunakan pada Sistem Penunjang Keputusan (SPK) adalah metode profile matching. Sistem tersebut berbasis web serta digunakan oleh bagian SDM dan calon karyawan.

Hasil dari pengembangan ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses penyeleksian karyawan sehingga memudahkan bagian SDM dalam menyeleksi karyawan dengan lebih objektif. Dengan menerapkan SPK juga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengambilan keputusan.


Full Text:

PDF

References


Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

E. Turban, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Jilid 1, Edisi Ke-7, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

J. A. O’Brien, Pengantar Sistem Informasi, Edisi Ke-3, Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.