MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE SAW

Firdausa Firdausa, Aji Prasetya Wibawa, Utomo Pujianto

Abstract


Menentukan sekolah yang sesuai dan terbaik tidaklah mudah. Kita harus mencari informasi di sekolah-sekolah yang kita datangi, kemudian membandingkannya dan memilih sekolah mana yang cocok sesuai kriteria. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem interaktif berbasis komputer yang mampu membantu para pengambil keputusan dalam menggunakan data dan model untuk memecahkan masalah yang bersifat tidak terstruktur. SPK dengan proses Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menyelesaikan suatu persoalan yang tidak terstuktur secara sederhana. Sehingga dengan menerapkan metode tersebut, dapat melakukan proses pengambilan keputusan yang efektif. Pada artikel ini akan membahas tentang pemodelan penerapan metode SAW dalam menentukan sekolah yang tepat. Kriteria-kriteria yang dibutuhkan dalam pengembilan keputusan yaitu biaya perbulan, biaya uang gedung, status akreditasi sekolah, rerata nilai Ujian Akhir Nasional (UAN), ketersediaan ekstrakurikuler, ketersediaan fasilitas sekolah, dan jarak dari rumah ke sekolah.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Prayoko, Mhd Riki. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). (Online), (http://www.pelita informatika.com/berkas/jurnal/18.%20Mhd%20riki.pdf), diakses 27 Maret 2015.

Trisnawarman, Dedi. & Livereja, Margaret. 2006. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah. (Online), (http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1455/1218),d iakses 27 Maret 2015.

Undang-Undang No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Darmastuti, Destriyana. 2013. Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. (Online), (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/2658/2639) ,diakses 28 Maret


Refbacks

  • There are currently no refbacks.