OPTIMALISASI PENGGUNAAN EFEK CHROMA KEY PADA VIDEO DENGAN MENGGUNAKAN METODE DUAL LAYER GREEN SCREEN

Faisal Reza Pradhana, Jamilah Karaman, Sidhiq Andriyanto

Abstract


Chroma key atau Chroma Keying adalah salah satu special efek pada video editing, Teknik chroma key berfungsi untuk menggabungkan dua gambar atau bingkai(frame). Dalam teknik ini sebuah warna (atau sejumlah susunan warna) dihilangkan atau dibuat tembus pandang, agar gambar lain yang terletak di belakang (background) dapat terlihat. Teknik Crhoma key ini banyak dipakai dalam industri video,program televise dan perfileman modern. Dalam paper ini, kami memberikan metode yang efisien dan sederhana dalam mengoptimalisasikan teknik chroma key dengan menggunakan dua buah layer green screen yang disusun dengan bentuk v, harapan kami hal ini bisa mempermudah dalam pengambilan gambar pada sudut sulit maupun gambar dengan background 3D yangmembutuhkan objek yang di shoot dari sudut sebanyak180 derajat.


Full Text:

PDF

References


Jeff Foster, “The Gren Screen Handbook,Real World Production Techniques”SYBEX, 2010.

Nguyen Ngoc Tai, Le Quoc Bao Tri, Truong Quang Vinh, “Chroma-Key Algorithm Based on Combination of K-Means and Confident Coefficients”, New York: McGraw Hill, 1953. International Journal of Information and Electronics Engineering, Vol. 4, No. 3, May 2014

Jeremy Hanke,MicheleYamazaki, “Greenscreen Made Easy: Keying and Compositing Techniques for Indie Filmmakers,” Michael wiese Production, 2010.

Jefrey.A.Okun, Susan Zwerman,"The ves Handbook of Visual Effect", Focal Press , 2010

Neil Martin, “http.www.digitalanarchy.com/demos/chroma_ lighting”,2015

Hiroki Agata,Astsushi Yamashita,Toru kaneko,”Chroma Key Using Checker Pattern Background”, IEICE TRANS. INF. & SYST., VOL.E90–D, NO.1 JANUARY 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.