PENGUKURAN USER EXPERIENCE DENGAN PENDEKATAN USABILITY (STUDI KASUS: WEBSITE PARIWISATA DI ASIA TENGGARA)

Lilis Dwi Farida

Abstract


Saat ini, perjalanan wisata menjadi salah satu kegiatan populer yang dilakukan oleh sebagian orang. Kekayaan alam dan budaya di Indonesia mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Akan tetapi, perkembangan persebaran tujuan wisata di Indonesia masih belum merata. Informasi pariwisata yang belum maksimal menyebabkan wisatawan lebih memilih tujuan wisata di luar negeri dibanding dengan Indonesia.

 

 Website pariwisata Indonesia sebagai salah satu media promosi belum secara maksimal dimanfaatkan oleh para pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur user experience pada website resmi pariwisata Indonesia dibandingkan dengan negara kompetitor yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand dengan pendekatan usability. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa”Fitur Bantuan dan Dokumentasi”, “Standar dan Konsistensi”, dan “Kendali dan Kebebasan Pengguna” memiliki severity rating yang lebih tinggi dari aspek usability yang lain.


Full Text:

PDF

References


A. I. Junida, “Kunjungan wisatawan mancanegara turun 5,48 persen,” 2015. [Online]. Available: http://www.antaranews.com/berita/471976/kunjunganwisatawan- mancanegara-turun-548-persen. [Accessed: 10-Jan- 2015].

D. H. Mustafa, “Analisis Strategi Branding Pariwisata Indonesia,” Universitas Gadjah Mada, 2013.

B. Maitra, “Tren Wisata 2014,” 2014. [Online]. Available: http://www.readersdigest.co.id/travel/traveler/tren.wisata.2014/0 06/002/157. [Accessed: 20-Sep-2014].

A. E. Wicaksono, “Indonesia Kembangkan E-tourism demi Genjot Kunjungan,” 2015. [Online]. Available: http://www.antaranews.com/berita/478785/indonesiakembangkan- e-tourism-demi-genjotkunjungan? utm_source=fly&utm_medium=related&utm_campa ign=news. [Accessed: 09-Feb-2015].

F. Z. Ridwan, D. Hardianto, and Y. G. Sucahyo, “Analisa Usability Untuk Mengetahui User Experience Pada Aplikasi Berbasis Web,” Konf. Nas. Sist. dan Inform., pp. 186–191, 2008.

H. Jati, “Perbandingan Performa Situs Web Universitas di Indonesia,” J. Edukasi, vol. 5, pp. 99–106, 2009.

L. D. Farida and R. Ferdiana, “Evaluasi Kinerja Website Pariwisata Dikaitkan dengan Jumlah Pengunjung (Studi Kasus: Website Resmi Pariwisata Indonesia , Malaysia , Singapura, dan Thailand),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 6–8, 2015.

M. Suhada, “Analisis Critical Success Factor untuk Portal etourism Bali,” Universitas Gadjah Mada, 2010.

A. R. Yudiantika, “Perancangan Antarmuka Layanan Informasi Wisata dan Kuliner di DIY Berbasis Web dan Mobile Web,” Semin. Nas. Sci. Eng. Technol., 2012.

S. Assegaf, “Strategi Pengembangan Situs Pemerintah Daerah sebagai Sarana Pelayanan Publik Berbasis Web,” J. Media Sisfo, vol. 3, pp. 01–57, 2009.

A. Murtadho and R. Shihab, “Analisis Situs E-Tourism Indonesia: Studi Terhadap Persebaran Geografis, Pengklasifikasian Situs Serta Pemanfaatan Fungsi dan Fitur,” J. Inf. Syst., vol. 7, no. 1, pp. 13–25, 2011.

R. Sitohang, “Promosi Kepariwisataan dan Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan,” 2008.

J. Gube, “What Is User Experience Design? Overview, Tools And Resources,” Oktober, 2010. [Online]. Available: http://www.smashingmagazine.com/2010/10/05/what-is-userexperience- design-overview-tools-and-resources/. [Accessed: 12-Oct-2014]. [14] R. Rubinoff, “How To Quantify The User Experience,” April, 2004. [Online]. Available: http://www.sitepoint.com/quantifyuser- experience. [Accessed: 02-Oct-2014].

I. 9241-11:1998, “ISO 9241 Part 11: Guidance on Usability.” [Online]. Available: http://www.userfocus.co.uk/resources/iso9241/part11.html. [Accessed: 20-Sep-2014].

J. Nielsen, “101 Introduction to Usability,” Januari, 1995. [Online]. Available: www.nngroup.com/articles/usability-101- introduction-to-usability/. [Accessed: 02-Sep-2014].

G. Pattiasina and Dkk, “Pembuatan dan Evaluasi Kemudahan Turis Dalam Menggunakan Aplikasi Baronda Ambon Travel Guide,” Scriptura, vol. 4, no. 1, pp. 29–37, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.