SISTEM PARKIR KENDARAAN BERMOTOR UNTUK PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID)

Eko Budi Setiawan, Bobi Kurniawan

Abstract


Setiap Perguruan Tinggi (PT) diipastikan memilikiperasalahan masing-masing. Salah satu permasalahanyang ada diluar konteks tridarma adalah mengenaiperparkiran kendaraan bermotor. Dapat dipastikanbahwa semakin banyaknya Mahasiswa/i yang membawakendaraan bermotor ke kampus, akan menimbulkankesemrawutan di tempat parkir yang ada. Bahkan tidakjarang yang sampai menimbulkan kemacetan apabilabanyak mahasiswa yang memarkir kendaraannya tidakpada tempat parkir yang telah disediakan.Penelitian ini membahas mengenai sistem parkirkendaraan bermotor khusus roda dua yang dapatdiimplementasikan di lingkungan perguruan tinggidengan mengintegrasikan teknologi kartu RFID yangharus dimiliki oleh setiap civitas akademika baik ituDosen, Karyawan serta Mahasiswa sebagai kartuidentitas yang sah.Hasil dari penelitian ini telah diimplementasikansemenjak dari awal tahun 2014 pada sistem perparkirankendaraan bermotor untuk civitas akademika diUniversitas Komputer Indonesia. Kesimpulan yangdidapatkan bahwa sistem ini dapat mengurangi biayapengadaan dan pemeliharaan sistem parkir,meningkatkan keamanan parkir, serta dapatmeningkatkan efektifitas dan efisiensi dalamperparkiran, baik itu perihal operasional di lapanganparkir, maupun proses pelaporan hasil parkir.


Full Text:

PDF

References


Erik Purnama Putra, Republika Online.http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/01/09/nhwq5l-polda-metro-kendaraan-bermotor-di-jakarta-bertambah-6000-perhari.2014, (Diakses 11 November 2015).

Dendi Ramdhani, Glori K. Wadrianto, Kompas Online.http://regional.kompas.com/read/2015/08/05/16530901/Ridwan.Kamil.Marahi.Mahasiswa.dan.Tukang.Parkir.di.Pinggir.Jalan, 2015.(Diakses 11 November 2015).

Yatimul Ainun, Glori K. Wadrianto, Kompas onlinehttp://regional.kompas.com/read/2012/06/07/13214531/Mahasiswa.Demo.Tolak.Biaya.Parkir.di.Kampus, 2015. (Diakses 11November 2015)

Maryono, Dasar-Dasar Radio Frequency Identification (RFID)Teknologi yang Berpengaruh di Perpustakaan Vol. XIV.20, 2005.

Finkenzeller, Klaus, RFID Handbook : Fundamentals andApplications in Contactless Smart Cards and Identification, 2ndEdition, London: John Wiley & Sons Finken, 2003.

Saputra Doni, Cahyadi Dedy, K. H. Awang, Sistem OtomasiPerpustakaan Dengan Menggunakan Radio Vol. 5.3, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.