APLIKASI MONITORING KETERSEDIAAN STOK BARANG MINIMARKET DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (MBA)

Sugiyatno Sugiyatno, Adhika Pramita Widyasari

Abstract


Di dalam bisnis minimarket, ketersediaan  barang yang akan dijual merupakan hal penting yang  harus selalu dimonitor oleh manajemen. Hal ini untuk  menghindari tidak tersedianya barang (stok kosong)  ketika transaksi jual beli. Pengadaan jenis barang dan  jumlah stok yang tidak terkendali menjadi permasalahan  tersendiri, yaitu biaya pembelian menjadi tinggi dan  jenis barang yang dibeli belum tentu memiliki daya jual  tinggi atau sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Prioritas pembelian jenis barang dan jumlah  stok minimum ketersediaan diharapkan mampu  menyelesaikan permasalahan menekan biaya pembelian  (saving cost). Pengadaan Jenis barang berdasarkan  daya jual barang dan asosiasinya diharapkan dapat  memenuhi kebutuhan barang sesuai dengan yang  dibutuhkan pelanggan. 

Analisa Market Basket memberikan  rekomendasi jenis barang yang memiliki daya jual  tinggi. Analisis ini juga merekomendasikan asosiasi  jenis barang yang memiliki keterkaitan terhadap suatu  barang yang direkomendasikan. Analisa stok minimum  berfungsi untuk mengendalikan jumlah stok yang harus  tersedia.  


Full Text:

PDF

References


Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta:Andi Offtset.

Pria Nita Utari, RB Fajriya Hakim, PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISA POLA DATA KECELAKAAN PESAWAT DARI TAHUN 1967-2014 DI INDONESIA, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UM, 2015

online, http://belajarcostcontrol.blogspot.co.id/2012/12/caramenghitung-minimum-stock.html, 8 Desember 2015

online, http://belajarcostcontrol.blogspot.co.id/2012/12/caramenghitung- minimum-stock_2909.html, 8 Desember 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.