PORTABLE WIRELESS SIGN LAMP FOR BICYCLE HELMET

Naufal Rasendriya Apta Raharema, Nadia Salsabila

Abstract


Bersepeda merupakan salah satu kegiatan positif bagi kesehatan, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang biasa dilakukan masyarakat Jogjakarta. Kegiatan bersepeda ini didukung dengan slogan “Sego Segawe” dan juga adanya kegiatan Jogja Last Friday Ride. Walaupun kegiatan bersepeda ini sudah sangat bermasyarakat di kota ini, namun banyak faktor-faktor yang masih harus diperhatikan, khususnya dalam segi keselamatan para pengendara sepeda. Minimnya peralatan keselamatan yang ada untuk pengendara sepeda, bahkan beberapa pesepeda tidak memiliki alat keselamatan apapun sehingga bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya yang sangat berbahaya bagi pesepeda dan pengendara lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem kontrol atau pengaturannya pada lampu sein di helm sepeda. Penelitian dilakukan dengan cara membuat desain alat yang memaksimalkan penggunaan wireless control pada lampu sein portable. Setelah mendapatkan desain terbaik lalu mencari dan menentukan rangkaian yang bisa diaplikasikan sesuai dengan desain yang telah dibuat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah model sistem kontrol sein wireless yang bisa diaplikasikan pada helm sepeda. Rangkaian alat lampu sein yang telah dibuat dimasukkan kedalam box acrylic atau plastic untuk melindungi alat saat digunakan pesepeda pada musim penghujan. Alat ini ditempelkan pada helm sepeda menggunakan velcro sehingga alat bisa dilepas atau dipasang kembali sesuai kebutuhan sedangkan remote dipasang di stang sepeda. Hasil uji coba alat menunjukkan bahwa lampu dari alat ini cukup terlihat oleh pengendara lain, terutama disaat pemakaian di malam hari. Alat ini mampu memberi isyarat saat pesepeda hendak belok tanpa melambaikan tangan secara langsung. Namun alat ini masih terdapat kekurangan yaitu tombol pada remote sulit ditekan, sehingga rangkaian alat ini perlu disempurnakan lagi.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2015. Tips Cara Bersepda yang Baik dan Benar, Safety Riding for Bike to Work. Tersedia online http://www.infobacan.com/2015/02/mengendarai-sepeda-amansafety- riding-biketowork.html (Diakses pada tanggal 21 Mei 2015).

Habib, J. Y. 2013. Wim Cycle, Polygon, dan United Bike Kuasai 39% Pasar Sepeda Indonesia. Tersedia online http://wartaekonomi.co.id/berita14461/wim-cycle-polygon-danunited- bike-kuasai-39-pasar-sepeda-indonesia.html (Diakses pada tanggal 20 Mei 2015).

Hartono, R. dan A. Purnomo. 2011. “Wireless Network”. FMIPA UNS. Solo.

Hidayanto, W. 2013. Lampu Sein. Tersedia online http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/09/14/lampu-sein- 589794.html (Diakses pada tanggal 14 Maret 2015).

Maulani, F. I. dan I. Fahmi. 2012. Permintaan Sepeda Terus Meningkat. Tersedia online http://www.solopos.com/2012/05/16/pasar-sepeda-permintaansepeda- terus-meningkat-186355 (Diakses pada tanggal 20 Mei 2015).

Proboyekti, U. 2007. Teknologi Nirkabel: Telepon Selular (Ponsel). Tersedia online http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/Ponsel.pdf (Diakses pada tanggal 14 Maret 2015).

Wibisono, M. A., A. M. Hasan, dan A. E. Apriyanto. 2011. Pembuatan Lampu Sein Wireless untuk Sepeda. Institut Teknologi Bandung. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.