SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET WISATA DENGAN ALGORITMA DEMPSTER SHAFER

Gian Kresna, Laurentius Toto Sih Nugroho

Abstract


Dewasa ini banyak tempat-tempat wisata maupun paket-paket wisata khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mulai ditawarkan sehingga calon traveler bingung untuk memilih yang mana. Salah satu cara untuk meyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan sistem pendukung keputusan yang menggunakan algoritma Dempster- Shafer.Kriteria dalam algoritma Dempster-Shafer terbentuk dalam hirearki(hierachial decision structure). Ada 3 kriteria yang digunakan dalam permasalahan ini, yaitu budget, hobi, dan usia.

Hasil dari pengujian salah satu data menunjukan adanya sedikit perubahan pilihan yang lebih detail namun masih dalam pemilihan yang sama atau tidak berubah dari pemilihan paket wisata yang sudah dilakukan, hal ini menandakan pilihan sudah cocok. Prosentase akurasi sistem ini masih 50% untuk hasil akurat, 40% untuk hasil yang kurang akurat dan 10% hasil tidak akurat.  


Full Text:

PDF

References


Anhar, “Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Penentuan Paket Tujuan Wisata Menggunakan Metode Topsis ( Studi Kasus PT. Vina Tour dan Travel Medan )”, Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilniah(INTI), vol. V, no.1, pp. 15-19, Januari 2015.

Abdul Hamid, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pedofilia Dengan Metode Dempster Shafer berbasis Web”, Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilniah (INTI), vol. V, no.1, pp. 1-6, Januari 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.