DESAIN APLIKASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE TITIK PEMESANAN KEMBALI (STUDI KASUS RUMAH MAKAN AYAM COBLOOS BEKASI)

Cathry Septiani Putri

Abstract


Rumah Makan Ayam Cobloos merupakan perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman siap saji. Perusahaan ini belum memiliki penentuan pengendalian persediaan yang pasti sehingga seringkali terjadi kekurangan ataupun penumpukan bahan baku. Perusahaan ini menggunakan Microsoft Excel dalam melakukan pencatatan, penyimpanan, dan pembuatan laporan persediaan, sehingga perusahaan seringkali mendapati kendala human error dan efisiensi waktu. Laporan persediaan yang dihasilkan pada perusahaan ini belum memenuhi standar akuntansi, yakni berupa catatan bulanan terhadap masuk dan keluarnya bahan baku yang kemudian disebut inbond dan outbond. Untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya, maka diperlukan desain aplikasi perhitungan pengendalian persediaan menggunakan metode titik pemesanan kembali. Laporan yang akan dihasilkan adalah jurnal umum, buku besar, dan kartu persediaan. Dari hasil desain aplikasi yang dirancang terlihat ada pengendalian persediaan yaitu perhitungan reorder point sebagai dasar untuk melakukan pemesanan bahan baku, sehingga masalah untuk pengendalian persediaan ini bisa teratasi tanpa harus melihat catatan bulanan.  


Full Text:

PDF

References


Heizer dan Render, Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Jusup, Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 2011.

Imam Asari Riski, Bambang Setyawan Henry, Nurcahyawati Vivine “Rancang bangun sistem informasi pengendalian persediaan bahan baku dengan menggunakan metode reorder point. In Jurnal Sistem Informasi JSIK vol 3 No.2 (2014)/ISSN2338-137X.

Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Modula, 2011.

P. P. Widodo, Menggunakan UML, Bandung: Informatika, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.