APLIKASI VIRTUAL EKSPLORASI RSUP PROF DR. R. D. KANDOU MANADO MENGGUNAKAN GAME ENGINE BERBASIS ANDROID

Juan Nicky Aristo Pattymahu, Oktoverano Lengkong

Abstract


Rumah sakit adalah tempat dimana orangorang yang mengalami masalah kesehatan untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan. Setiap rumah sakit tentunya memiliki banyak ruang rawat pasien dan juga ruangan kesehatan yang tersebar di lingkungan rumah sakit. RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado merupakan rumah sakit terbesar yang ada di Sulawesi Utara, memiliki lahan seluas 55.525 m2 dan luas tanah seluas 178.380 m2 serta memiliki 30 ruangan utama. Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, pihak rumah sakit perlu membuat sebuah wadah informasi dalam hal informasi tata letak serta informasi ruangan, dengan mengambil peluang yang ada, maka akan dibuatlah sebuah aplikasi virtual eksplorasi dengan menggunakan smartphone berbasis Android untuk menunjang sarana informasi yang ada di RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado. Pembuatan bangunan 3D pada aplikasi ini akan dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D modeling Google Sketchup, sedangkan untuk scene yang ada pada aplikasi ini akan dibuat dengan menggunakan game engine Unity3D. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan proses model spiral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi lingkungan rumah sakit dan diharapkan nantinya akan membantu pihak rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Rumah Sakit Umum Pusat Prof Dr. R.D. Kandou Manado, "rsup.rdkandou.com," [Online]. Available: http://rsup.rdkandou.com/visi-misi/. [Accessed 9 September 2015].

"sirs.buk.depkes.go.id," [Online]. Available: http://sirs.buk.depkes.go.id/rsonline/data_view.php?editid1=1344. [Accessed 9 September 2015]. "id.techinasia.com," [Online]. Available: https://id.techinasia.com/smartphone-android-masihmendominasi- di-2014/.. [Accessed 17 September 2015].

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andy, 2010.

"www.docstoc.com," [Online]. Available: http://www.docstoc.com/docs/83585305/grafika-komputermakalah. [Accessed 15 September 2015].

"Rancangan Bangun Peta 3D Pada Kawasan Monumen Tsunami Sigli Dengan Menggunakan Google Earth Dan Google Sketchup," Banda Aceh, STMIK U'Budiyah.

M. Gargenta, Learning Android Building Applications for the Android Market, USA: O'Reilly Media, 2011.

P. Wicaksono, I. S. Kodrat and I. Rizal, "Perancangan Aplikasi Email Client pada Platform Android Menggunakan Javamail API," 2012.

I. Wibisono, "Aplikasi Penerapan Algoritma RC6 Pada Gambar Berbasis Android," 2015.

S. I. A. Setiawan, "Google SketchUp Perangkat Alternatif dalam Pemodelan 3D," 2011.

S. Jabonir, W. Hermanto and C. Wongso, "Aplikasi Game Simulasi 3D "Binusian Life" Berbasis OGR3D Graphics Engine," Binus University, Bandung, 2011.

F. Winkler and C. Barret, "Computer Games : Introduction to the Unity3D (vers. 3.4)," Purdue University, 2011.

R. Sael, "Aplikasi Virtual Reality Eksplorasi Kampus Universitas Klabat Menggunakan Game Engine," Universitas Klabat, Airmadidi, 2013.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, "Pengantar Unified Modeling Language (UML)," 2013.

P. Sulistyorini, "Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose," Dinamik Jurnal Teknologi Informasi, vol. 14.1, 2009.

G. Koapaha and T. Winata, "Aplikasi Navigasi Denah 3D Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bitung Menggunakan Game Engine Berbasis Android," Universitas Klabat, Airmadidi, 2015.

S. M. Tangdiesak and M. Bawekes, "Aplikasi Denah 3D Pencarian Ruangan Berbasis Web Pada Rumah Sakit Prof DR. R.D. Kandou Manado," Universitas Klabat, Airmadidi, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.