PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN ANIMASI ALGORITMA SORTING BERBASIS ANDROID

Suryadi Hozeng, Sitti Aisa

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan menjadi suatu tren yang berkembang, karena dengan teknologi memudahkan pelaksananan dari proses belajar mengajar. Pada sistem pembelajaran khususnya algoritma hanya sedikit mahasiswa yang dapat memahaminya, dikarenakan pengetahuan yang didapat kebanyakan pembelajaran dijelaskan di papan tulis atau buku yang memuat algoritma sorting sehingga sulit untuk dipahami secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pembelajaran animasi algoritma sorting berbasis android, sehingga memudahkan para mahasiswa untuk mempelajari algoritma sorting agar lebih cepat di pahami. Dalam pengujian, sistem ini menggunakan metode black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Dengan pembejalaran algoritma sorting yang disajikan dengan animasi dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk secara cepat memahami inti dari algoritma yang disediakan.


References


Abdul Kadir, “Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java”, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Alam A.L., Kahar D.M.2013 “Rancangan Bangun Apikasi Pembelajaran Pengetahuan Umum Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android”. STMIK Dipanegara Makassar.

Budi setiawan, Alfitransyah dan Lis Pradesan S,Kom M.T.I ”Rancang Bangun Pembuatan Animasi Iklan Layanan Masyarakat Masa Depan Tanpa Narkoba”. STMIK GI MPD, Palembang. (ONLINE), 2014.

Safaat,Nazaruddin, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”, Bandung : Informatika. 2011

Wahadyo Agus, “Android 4.1”, Jakarta Selatan: Mediakita, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.