PEMANFAATAN REKBER BLACKPANDA UNTUK MENGAMANKAN TRANSAKSIJUAL BELI ONLINE PADA SITUS KASKUS

Khanna Tiara, Erwana Amarulloh Sunarya, Muhammad Ichsan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak positif pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya dunia bisnis. Salah satu konsep yang dinilai merupakan bisnis baru adalah e-business atau Biasa disebut Bisnis Online. Banyak situs-situs yang melakukan Transaksi Barang atau Jasa melalui E-Business, contohnya Jual Beli pada situs Kaskus yang menekankan pada Transaksi Customer to Customer (C2C). Pada Situs Kaskus yang menekankan Transaksi C2C melakukan Transaksi dengan Menggunakan Rekber Blackpanda sehinggga Transaksi bisa aman bagi Konsumen. Rekber Blackpanda mirip dengan Prinsip yang terjadi pada Sistem Escrow Payment, pada sistem Rekber Blackpanda terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk menggunakan jasa orang ketiga sebagai tempat pembayaran dan penerima pembayaran. Maka dari itu Rekber Blackpanda hadir untuk mendukung dan mengamankan Transakti Jual beli Online pada situs Kaskus. Sehingga Transaksi menggunakan sistem Rekber Blackpanda dapat dijadikan sebagai suatu sistem yang dapat menjanjikan Konsumen dan Penjual bisa saling percaya.

Kata Kunci : E-Business, C2C, Rekber


Full Text:

PDF

References


Yulia Mustika Wati (2011). “Penerapan E-Business Di Indonesia”. Bogor: Institut Pertanian Bogor. [2] Herman, Yakub (2010). "Kajian Tentang Perkembangan EBusiness Terhadap Praktik Bisnis". Tangerang: STMIK Dharma Putra. [3] Rigen Tohari (2014). “Model Penerimaan Teknologi Rekening Bersama". Surakarta: Universitas Sebelas Maret. [4] Ian Deshapri Indrayanto, Kertahadi, Heru Susilo (2015) “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Sikap Pengguna Online Shop Terhadap Minat Penggunaan Rekening Bersama (Studi Pada Pengguna kaskus.com)”. Malang: Universitas Brawijaya. [5] Untung Rahardja, Qurotul Aini, Desi Sartika (2015) "Builad A Business To Customer Online Store Using Air Zone Content Management System". Tangerang: STMIK Raharja. [6] Mujiyana, Ingge Elissa (2013) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online”. Depok: Universitas Gunadarma. [7] Suprihatin Ali (2013). “Prediksi Perilaku Ramah Lingkungan Yang Dipengaruhi Oleh Nilai Dan Gaya Hidup Konsumen”. Lampung: Universitas Lampung. [8] Willy Pratama Widharta, Sugiharto (2013). “Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Menigkatkan Pnjualan Toko Damai”. Surabaya: Universitas Kristen Petra. [9] N. Dane, IPG. Sukaatmaja, IW. Budias (2013). “Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap Nilai Penjualan Produk pada UD. Kopi Bali Banyuatis, Singaraja”. Bandung: Universitas Udayana. [10] Yulistia (2014). "Mekanisme Penyidikan Tindak Pidana Penipuan Melalui Internet Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik". Medan: Universitas Sumetera Utara. [11] Henderi, Indri Handayani, Meta Amalia Dewi (2012). “Business Intelligence Development Model Using Star Schema Methodology”. Tangerang: STMIK Raharja. [12] Moch Suhir, Imam Suyadi, Riyadi (2014). “Pengaruh Persepsi Risio, Kemudahan Dan Manfaat Dan Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id)”. Malang: Universitas Brawijaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.