ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PADA TIGA UKM INDUSTRI KAIN TENUN SONGKET KOTA PALEMBANG

Irma Salamah, RD Kusumanto, M. Aris Ganiardi

Abstract


Pemanfaatan dan penggunaan Sistem Informasi (SI)pada usaha kecil menengah (UKM) merupakan hal yangmenarik untuk diketahui. Sistem informasi tersebutdisebutkan sebagai penggerak pembangunan yangmemegang peranan penting untuk pertumbuhan dankelanjutan pada suatu organisasi bisnis. Di negaranegaraberkembang tingkat penggunaan SI pada UKMmasih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh banyakfaktor, diantaranya adalah kurangnya pemahamantentang manfaat yang diperoleh dari penggunaan SI.Penggunaan SI belum dipandang sebagai suatu peluangyang menjadikan perusahaan (UKM) tersebut menjadilebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana pengaruh minat pemanfaatansistem informasi dan kondisi yang memfasilitasiterhadap penggunaan sistem informasi pada tiga UKMindustri kain tenun songket yang ada di Palembang.Pengujian dilakukan dengan teknik regresi linierberganda dengan menggunakan SPSS 17.0 untukmengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruhterhadap penggunaan SI. Hasil pengujian, keduahipotesis ditolak yang berarti kondisi yangmemfasilitasi dan minat pemanfaatan SI tidakberpengaruh terhadap penggunaan SI. Hal inidikarenakan kurangnya pengetahuan para karyawan/tidan kurangnya tenaga ahli yang membantu masalahmasalahdalam menggunakan sistem informasi. Selainitu karyawan/ti ketiga UKM tidak memiliki motivasiyang tinggi untuk menggunakan sistem informasi yangada sebagai media untuk mempromosikan produk,karena dari pengalaman mereka kuantitas penjualansongket melalui online tidak begitu banyakdibandingkan dengan penjualan non online.


Full Text:

PDF

References


Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi DalamPeningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. SeminarNasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). Yogyakarta,20 Juni 2009.

Triandis, H.C., 1980. “Value Attitude and InterpersonalBehavior, Nebraska Symposium on Motivation, 1979: Belief,Attitude and Value,” University of Nebraska Press, Lincoln,NE.

Davis, F.D., 1989, “Perceived Usefulness, Perceived Ease ofUse, and Acceptance of Information System Technology,” MISQuarterly, Vol.13, No.3, pp.319- 339.

Thompson, R.L., Haggings, C.A., dan Howell, J.M.1991.”Personal Computing: Toward a Conceptual Model ofUtilization”. MIS Quarterly, pp.125-143.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., dan Davis, F. D.(2003). “User Acceptance of Information Technology”. MISQuarterly. Vol.27, No. 3. hal. 425-478.

Handayani, Rini. 2007. “Analisis Faktor-faktor yangMempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi danPenggunaan Sistem Informasi (Studi Empiris Pada PerusahaanManufaktur di Bursa Efek Jakarta)”. Simposium NasionalAkuntansi X, Unhas Makassar, 26-28 Juli 2007.

Schultz, E.M., and Slevien D.P. 1975, “Implemen- tation andOrganizational Validity: An Em- pirical Investigation”, InImplementing Operation Research/Management Science. New York,pp.163-182

Duwi Priyatno. 2010.Paham Analisa Statistik Data denganSPSS. MediaKom, J a k a r t a .

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis.Salemba Empat, Jakarta.

Venkatesh, V., dan Davis, F.D. 2000.”A Theoritical Extensionof the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal FieldStudies”. Management Science, Vo1.46, No.2, Februari, pp.186-204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.