PENGGUNAAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING DALAM PEMBANGUNAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA PT XYZ

Wawa Wikusna

Abstract


Dalam merencakan pembangunan sistem informasi dapat menggunakan metodologi perencanaan arsitektur enterprise untuk menghasilkan arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi, dan arah rencana implementasinya bagi perusahaan. Rencana implementasi disusun dalam bentuk urutan pengembangan aplikasi dan migrasi landasan teknologi yang disesuaikan dengan aspek bisnis sebagai pendorong utama, aspek organisasional untuk penentuan peran bagi sumber daya pelaku implementasi, aspek lingkungan sistem informasi dan teknologi informasi untuk menjembatani kondisi sistem saat ini dan yang akan dibangun, serta aspek pengembangan aplikasi. Untuk membangun arsitektur enterprise pada perusahaan digunakan soft system methodology (SSM) selain metode dan Enterprise Architecture Planning. SSM digunakan untuk melaksanakan penelitian dengan pendekatan sistemik dengan menggambarkan situasi permasalahan secara lebih kongkrit, membangun konseptual, dan menformulasi sehingga diperoleh kesimpulan yang tepat. Sebagai studi kasus penulis melakuan penelitian di PT XYZ yang bertekad untuk mengembangkan usahanya melalui peningkatan daya dukung sistem informasi terhadap kegiatan bisnisnya. PT XYZ menyadari bahwa untuk membangun sistem informasi tersebut diperlukan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang diselaraskan dengan strategi bisnis perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Cook, Melissa A., Building Enterprise Information Architectures, Prentice Hall, 1996.

Spewak, Steven H., Enterprise Architecture Planning: Developing a Blueprint for Data, Applications, and Technology, 2nd Edition, 1993.

Bernard, Scott A., An Introduction To Enterprise Architecture Third Edition, 2012.

Sherwood, John., dkk., Enterprise Security Architecture: A Business-Driven Approach, 1st Edition, 2005.

Ward, J., Peppard, J., Strategic Planning for Information Systems, 3rd Edition, John Wiley & Sons, 2002.

Surendro, K., Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi, 2007.

Porter, Michael E, (1985), Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance for Analyzing Industries and Competitor, The Free Press.

Attefalk, L. & Langervik, G., Socio Technical Soft System Methodology : a sociotechnical approach to Soft Systems Methodology, Master Thesis, Department of Informatics University of Gothenburg, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.