APLIKASI PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT KULIT MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DI AL ARIF SKIN CARE KABUPATEN CIAMIS

Fitri Nuraeni, Yoga Handoko Agustin, Endah Nirwani Yusup

Abstract


Kulit merupakan salah satu panca indera manusia dan bagian pertama yang dapat menerima rangsangan dari luar. Kesehatan kulit menjadi hal yang sangat penting sebagai pelindung organ-organ tubuh yang ada didalamnya, sehingga kulit yang tidak terjaga kesehatannya akan menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan pada kulit. Penentuan penyakit kulit harus dilakukan oleh dokter ahli atau pakar, karena penyakit kulit bisa sangat berbahaya bila terjadi kesalahan dalam perawatan dan penanganannya. Kehadiran dokter ahli atau pakar penyakit kulit yang terbatas mengakibatkan pelayanan terhadap pasien penyakit kulit menjadi tidak optimal. Aplikasi sistem pakar mampu meniru kerja seorang pakar dalam berbagai bidang, salah satunya mendiganosa penyakit kulit. Aplikasi pakar ini dibangun dengan metode Expert System Development Life Cycle menggunakan metode Forward Chaining sebagai teknik pencarian yang dimulai dari fakta yang diketahui untuk mencapai tujuan. Perancangan aplikasi ini menggunakan UML dan bahasa pemograman Java dengan database MySQL sebagai penerapannya. Penelitian ini mengahasilkan aplikasi sistem pakar yang dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit kulit dan memberikan informasi serta solusi penanganan terhadap penyakit yang diderita sehingga pelayanan terhadap pasien penyakit kulit dapat tetap berjalan tanpa harus menunggu kehadiran dokter ahli untuk menangani.


Full Text:

PDF

References


R. Pardiansyah, “ASSOCIATION BETWEEN PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT WITH CONTACT DERMATITIS IN SCAVENGERS,” Majority, vol. 4, no. 04, 2015.

A. S. P. M. F. KUSRINI, “Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan,” Andi, yogyakarta, 2008.

S. Kosasi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Komet Menggunakan Forward Chaining,” TECHSI, vol. 5, no. 2, 2014.

Y. J. W. Soetikno and others, “Sistem Pakar Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Jagung Dengan Metode Forward Chaining Pada Balitsereal Maros,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 181–189, 2015.

P. Wicaksono and T. I. U. S. Tasikmalaya, “RANCANG BANGUN EXPERT SYSTEM DIAGNOSA PENYAKIT ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN BACKWARD CHAINING,” J. skripsi pada Jur. Tek. Inform. Univ., 2012.

D. Doto, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit dan Pengobatannya Menggunakan Certainty Factor,” Sekolah Tinggi Manajemen Dan Komputer Yogyakarta, 2010.

A. N. Fadhilah, D. D. S. Fatimah, and D. J. Damiri, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Anak Dengan Metode Expert System Development Life Cycle,” J. Algoritm., vol. 9, no. 01, 2012.

B. Sukahar and Y. A. Y. Ardian, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Forward Dan Backward Chaining Berbasis Web,” J. Mhs. Fak. Teknol. Inf., 2014.

W. Widiastuti, D. D. S. Fatimah, and D. J. Damiri, “Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Dini Pada Penyakit Tuberkulosis,” J. Algoritm., vol. 9, no. 01, 2012.

A. S. Honggowibowo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web dengan Forward dan Backward Chaining,” TELKOMNIKA (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 7, no. 3, pp. 187–194, 2009.

Kusrini, “Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi,” Penerbit Andi Yogyakarta, 2006.

M. Arhami, “Konsep Dasar Sistem Pakar,” Yogyakarta Andi, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.